TIPS MENGATASI KESENJANGAN

By On Saturday, November 23rd, 2013 Categories : Psikologi

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, sumber utama dari tekanan penyebab perubahan sikap berasal dari kesenjangan antara pendapat awal target dan-pendapat yang dianjurkan komunikasi. Semakin besar kesenjangan, semakin besar tekanan po ten sial jintuk berubah. Bila orang yang membutuhkan tidur delapan jam tiap malam mendengar pembicaraan seorang ahli kesehatan terkenal yang mengatakan bahwa hanya diperlukan enam jam tiap malam, sikap individu berada dalam tekanan; bila komunikasi itu menyatakan bahwa sebenarnya hanya diperlukan empat jam, timbul tekanan yang lebih kuat. Semakin besar kesenjangan, sema kin banyak perubahan yang diperlukan untuk mengurangi tekanan. Karena itu, seperti yang diduga, dalam rentang yang luas, terjadi lebih banyak perubahan sikap bila kesenjangan lebih besar.
Namun, efek kesenjangan terhadap tekanan dan jumlah perubahan tidak selalu sesederhana ini. Terdapat tekanan yang semakin kuat dengan semakin besarnya kesenjangan, tetapi tidak selalu menghasilkan lebih banyak perubahan. Ada dua faktor yang menyuhtkan. Pertama, sejalan dengan semakin besarnya kesenjangan, komunikan menemukan kesulitan yang semakin besar untuk mengubah sikap mereka guna menghilangkan kesenjangan. Lebih jauh, pernyataan yang menimbulkan kesenjangan terlalu besar cenderung menyebabkan individu meragukan kredibilitas sumber. Sehingga pada tingkat kesenjangan yang tinggi, tekanan cenderung menurun, yang biasanya disebabkan oleh adanya penghinaan terhadap sumber dan bukannya karena perubahan sikap. Dengan kata lain, penghinaan terhadap sumber merupakan mekanisme pemulihan konsistensi yang lebih umum dipilih daripada perubahan sikap.
Anggaplah bahwa seseorang mendengar pembicaraan seorang ahli yang mengatakan bahwa sebenarnya tidak diperlukan tidur selama delapan jam. Bila pesan ahli itu berada pada tingkat kesenjangan yang rendah, dan mengatakan bahwa tidur selama enam jam adalah yang paling sesuai, kemungkinan orang tersebut akan terpengaruh. Timbul tekanan pada dirinya untuk mengubah opininya sesuai dengan pendapat ahli itu, dan bila ahli tersebut mengetengahkan argumen yang cukup persuasif, mungkin orang itu akan melakukan hal yang sama. Dalam situasi ini/milit untuk menolak komunikator yang dapat dipercaya, tetapi mudah untuk mengubah opini seseorang sesuai dengan perubahan yang dibutuh-kan untuk mengurangi kesenjangan. Namun, semakin besar kesenjangan yang timbul, semakin sulit bagi individu untuk mengurangi tekanan dengan mengubah opininya. Sangat sulit bagi orang yang menganggap perlunya tidur delapan jam setiap malam untuk memutuskan bahwa hanya empat jam yang akan dibutuhkannya. Kemudian orang itu akan mulai meragukan kredibilitas komunikator. Dia mulai berpikir bahwa ahli tersebut tidak terlalu banyak memahami masalah manusia yang sebenarnya.
Jadi, ada dua faktor yang bekerja bila kesenjangan meningkat. Perubahan sikap menjadi semakin sulit, dan penolakan terhadap komunikator menjadi semakin mudah. Akibatnya adalah bahwa pada umumnya perubahan sikap meningkat dengan bertambahnya kesenjangan sampai titik tertentu, dan kemudian menurun bila kesenjangan terus bertambah besar. Bila kesenjangan bertambah, perubahan sikap meningkat, tetapi hanya sampai titik tertentu. Namun, kredibilitas yang semakin tinggi akan memperbesar kemungkinan keberhasilan komunikator untuk mengemukakan pandangan yang lebih senjang, karena mereka tidak akan mudah ditolak. Bila seseorang sangat menghargai ahli yang mengatakan bahwa tidur empat jam sudah cukup, sulit untuk memutuskan bahwa ahli tersebut tidak memahami apa yang dikatakannya. Oleh sebab itu, semakin tinggi kredibilitas komunikator, semakin tinggi tingkat kesenjangan di mana perubahan maksimum terjadi. Demikian juga, sumber dengan kredibilitas yang lebih rendah akan relatif memudahkan penolakan dan titik maksimum timbul pada tingkat kesenjangan yang lebih rendah. Efek kesenjangan dan kredibilitas ini diilustrasikan dengan baik dalam penelitian yang dilakukan oleh Bochner dan Insko (1966). Mereka meminta seorang pemenang hadiah Nobel (kredibilitas tinggi) dan seorang lektor YMCA (kredibilitas rendah) untuk memberi pesan mengenai jumlah waktu tidur yang diperlukan rata-rata seseorang setiap malam. Setiap subjek menerima satu pesan dari satu sumber. Beberapa subjek menerima pesan yang mengatakan bahwa dibutuhkan delapan jam, yang lain menerima pesan yang mengatakan bahwa dibutuhkan tujuh jam, dan seterusnya. Karena pada mulanya sebagian besar subjek berpendapat bahwa delapan jam adalah yang benar, pesan-pesan ini memiliki kesenjangan yang bervariasi; kesenjangan nol untuk pesan delapan jam, kesenjangan-satu-jam untuk pesan-tujuh-jam, dan seterusnya.
Seperti yang dapat anda lihat, terjadi lebih banyak perubahan pada tingkat kesenjangan menengah dibandingkan pada tingkat kesenjangan yang lebih tinggi. Dan, seperti yang diduga, tingkat kesenj angan optimal untuk sumber dengan kredibilitas tinggi lebih tinggi. Lektor YMCA melakukan yang terbaik ketika menganjurkan tiga jam tidur, tetapi sumber dengan kredibilitas tinggi mencapai tingkat perubahan sikap maksimum ketika mengemukakan bahwa sebenarnya hanya diperlukan satu jam tidur. Meskipun demikian, sumber dengan kredibilitas tinggi hanya dapat menurunkan sikap subjek pada tingkat terbaik dari rata-rata delapan jam setiap malam sampai sekitar enam jam setiap malam. Jadi, tingkat kredibilitas tidak mengubah dasar hubungan terbalik antara kesenjangan dan perubahan sikap, tetapi mengubah titik di mana perubahan maksimum terjadi. Semakin sulit untuk menolak komunikator, semakin besar kesenjangan di mana perubahan maksimum terjadi. Contoh ini melukiskan bagaimana saling pengaruh antarkekuatan menentukan cara pemecahan yang digunakan dalam suatu situasi, dan bagaimana penggunaan suatu cara menyiratkan kurangnya pemanfaatan cara lain. Contoh lain dari alternatif cara pemecahan berkaitan dengan bagaimana kesenjangan mempengaruhi kesalahan pemaknaan pesan. Pendapat-yang-senjang yang dekat dengan pendapat individu sering nampak lebih dekat dibandingkan kenyataannya (asimilasi), sedangkan kesenjangan yang jauh akan nampak lebih jauh dibandingkan kenyataannya (kontras). Usaha melebih-lebihkan kedekatan kesenjangan pendapat, memudahkan timbulnya perubahan yang cukup untuk menurunkan kesenjangan yang kecil, atau mungkin meniadakan perubahan dengan membuat dua pendapat itu pada dasarnya identik. Usaha melebih-lebihkan jauhnya suatu pendapat semakin mempermudah penyerangan terhadap kredibilitas orang yang membawa pesan tersebut.

TIPS MENGATASI KESENJANGAN | ok-review | 4.5