MANAJEMEN PERAN MANAJER DALAM PERUSAHAAN

By On Thursday, November 14th, 2013 Categories : Ekonomi

Dalam penyusunan program kerja, pimpinan tertinggi perusahaan memberikan kepercayaan pada para manajer, mereka diberikan ruang gerak yang luas sehingga mereka bisa bekerja secara profesional dan bisa berkreasi dan berinisiatif dalam mengekspresikan tugasnya untuk memberikan motivasi kerja kepada bawahannya. Seorang manajer harus menjadi pendukung dan memotivasi setiap orang agar menjadi lebih berkualitas (Henry R. Meyer. 2007). Perencanaan yang baik harus dilakukan secara integral, baik secara internal maupun eksternal dan membutuhkan beberapa strategi dan aplikasi mereka terhadap perusahaan. Seorang manajer harus dapat menciptakan iklim kerja yang dapat menumbuhkan motivasi di dalam departemennya, iklim tersebut meliputi dua arah yang harus dilakukan yaitu:
1. Melakukan pendekatan pribadi manajer kepada kepemimpinannya. Hal ini akan terlihat ada-nya hubungan yang sinergis antara dirinya dengan bawahannya, seorang manajer yang efektif harus dapat mengembangkan minat bawahannya dan memberikan perhatian yang tulus, sehingga karyawan merasa memiliki (sense of belonging).
2. Menciptakan iklim kerja. Iklim kerja yang baik adalah melakukan pembauran tujuan antara keinginan dan kebutuhan para pekerja, pekerja menginginkan adanya pengakuan atau pujian, komunikasi hasil kerja apakah pekerjaan mereka benar atau salah, adanya jaminan pekerjaan, adanya kesempatan untuk maju, dan membutuhkan perlakuan adil dari perusahaan tersebut.
Melakukan Perencanaan. Perencanaan adalah salah satu fungsi dari manajemen yang dilakukan sebagai iandasan pokok dari fungsi manajemen, karena perencanaan adalah keputusan yang diperoleh untuk waktu yang akan datang, sehingga untuk mendapatkannya melalui proses dan cara yang efektif. Perencanaan adalah proses pemilihan dan pengembangan tindakan yang paling baik dan menguntungkan untuk mencapai tujuan (Umar H. 2001). Perencanaan dapat pula dikatakan sebagai suatu proses yang berkesinambungan, karena rencana tidak ada yang final tetapi merupakan bahan yang harus dilakukan atau diadakan perbaikan-perbaikan. Jadi perencanaan adalah suatu catatan yang kompleks dari sejumlah keputusan yang saling berkaitan dan dapat dibagi dengan banyak cara yang berbeda-beda.
Perencanaan Sumber Daya Manusia. Sebagai manajer terutama yang menangani bidang sumber daya manusia tugas yang sangat penting adalah memberikan motivasi, Namun tugas memberi motivasi tidaklah mudah, sebagai para ahli berpendapat bahwa hanya uang yang dapat memotivasi para pekerja untuk dapat bekerja dengan giat. Karena bekerja dengan giat akan mendapatkan uang yang lebih banyak. (H, Malayu S.P. Hasibuan, 1995). Namun lama kelamaan isi dari motivasi tersebut dipandang lebih dalam lagi dengan tingkatan yang lebih tinggi, yaitu ingin adanya pengakuan, prestasi, tanggung jawab dan kebutuhan aktualisasi diri. Sebuah perusahaan dalam meningkatkan produksinya tidak terlepas dari sumber daya manusia yang potensial dan handal, yang telah mendapat motivasi dari seorang pimpinan. Keterkaitan pimpinan dalam, produktivitas sangat erat karena dengan memotivasi karyawan mengakibatkan karyawan tersebut berkemampuan untuk melaksanakan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab.da

MANAJEMEN PERAN MANAJER DALAM PERUSAHAAN | ok-review | 4.5