PENGERTIAN UANG JAMINAN IMPOR

By On Tuesday, December 17th, 2013 Categories : Ekonomi

IMPORT / IMPOR adalah (i) suatu barang yang diproduksi di negara lain yang kemudian dikirim dan dijual di pasar dalam negeri. Ini mengakibatkan adanya aliran keluar valuta asing dari dalam negeri (impor yang dapat dilihat).
(ii) suatu jasa yang disediakan untuk negara tuan rumah oleh negara lain, baik di negara tuan rumah (perbankan, asuransi) atau di luar negeri (sebagai contoh, pariwisata perjalanan ke luar negeri), yang mengakibatkan adanya aliran keluar valuta asing dari negara tuan rumah (impor yang ‘tidak dapat dilihat’).
(iii) modal yang diinvestasikan di negara tuan rumah dalam bentuk investasi portofolio, investasi langsung luar negeri dalam bentuk aset fisik, dan deposito bank (impor modal).
Impor adalah penting dalam dua hal utama, (a) bersama-sama dengan EKSPOR (EXPORTS) membentuk NERACA PERDAGANGAN (BALANCE OF TRADE) suatu negara. Impor harus dibiayai (dibayarkan dalam ukuran mata uang asing) dengan nilai yang sama dari ekspor untuk mempertahankan ekuilibrium neraca perdagangan, (b) Impor menggambarkan PENARIKAN DANA (‘WITHDRAWAL) dari arus SIRKULASI PENDAPATAN NASIONAL (CIRCULAR FLOW OF NATIONAL INCOME) , yang mengurangi pendapatan dan output riil (lihat PROPENSITY TO IMPORT).
Dalam satu sisi impor dilihat sebagai sesuatu yang menguntungkan di mana impor memungkinkan suatu negara menikmati keuntungan dari perdagangan internasional (mendapatkan barang dan jasa dengan harga yang lebih rendah), tetapi di sisi lain, seperti ditunjukkan oleh butir (b) di atas impor merugikan karena mengurangi pendapatan dan output. perlu kita ketahui bahwa keseimbangan antara impor dan ekspor penting untuk dijaga. Impor dapat menguntungkan apabila diimbangi dengan ekspor, di mana pendapatan yang ‘hilang’ karena impor diimbangi pendapatan yang didapat’ dari ekspor untuk mempertahankan tingkat pendapatan dan output dan seperti yang ditunjukkan dalam butir (a) di atas bahwa impor dibiayai oleh ekspor untuk mempertahankan KESEIMBANGAN NERACA PEMBAYARAN (BALANCE OF PAYMENTS EQUILIBRIUM).
Lihat BALANCE OF PAYMENTS, INTERNAL EXTERNAL BALANCF MODEL, GAINS FROM TRADE, IMPORT PENETRATION, IMPORT RESTRICTIONS, IMPORT SCHEDULE, IMPORT SUBSTITUTION, PARALLEL IMPORT.
IMPORT DEPOSIT / UANG JAMINAN IMPOR adalah persyaratan bagi importir suatu produk (lihat IMPORT) untuk membayar kepada pemerintah sejumlah uang tertentu (dihitung berdasarkan persentase nilai impor dari produk tersebut) pada saat kedatangan dari produk tersebut di pasar domestik sebelum penjualan dilakukan. Uang jaminan impor digunakan untuk tujuan membantu menghilangkan defisit NERACA PEMBAYARAN (BAIANCE OF PAYMENTS). Lihat BAL- ANCE-OF-PAYMENTS EQUILIBRIUM, IMPORT RESTRICTIONS.

PENGERTIAN UANG JAMINAN IMPOR | ok-review | 4.5