PENGERTIAN TUKAR MENUKAR

By On Thursday, January 23rd, 2014 Categories : Ekonomi

SWAP / TUKAR MENUKAR adalah pertukaran dari sebuah produk, tingkat bunga pada suatu utang keuangan, atau mata uang terhadap produk lain, tingkat bunga pada suatu utang kuahgan atau mata uang:
(a) tukar menukar produk: individu A menawarkan kentang kepada individu B untuk ditukarkan dengan sebuah sepeda. Lihat BARTER.
(b) tukar menukar TINGKAT BUNGA (INTEREST SWAPS) pada utang keuangan: sebuah perusahaan yang mempunyai utang dengan tarif variabel, mungkin mengharapkan tingkat bunga akan naik, sedangkan perusahaan lain yang memiliki utang dengan tarif yang tetap mungkin mengharapkan tingkat bunga akan turun. Perusahaan yang kedua, karenanya, mengadakan kontrak untuk melakukan pembayaran dengan tarif bunga variabel kepada perusahaan yang pertama, dan dalam pertukaran tersebut dibayarkan bunga pada suatu tarif yang tetap. Tukar menukar tingkat bunga mungkin dilaksanakan secara bersamaan pada berbagai instrumen utang, sehingga memungkinkan bendaharawan perusahaan untuk menurunkan pembayaran bunga total perusahaan.
(c) tukar menukar mata uang: pembelian dan penjualan mata uang asing secara bersamaan, yang dapat terjadi dalam dua bentuk: sebuah tukar menukar untuk waktu sekarang/waktu mendatang (pembelian atau penjualan dari suatu mata uang secara bersamaan pada PASAR TUNAI (SPOT MARKET) bersamaan dengan suatu penjualan atau pembelian mata uang yang sama pada PASAR MASA DEPAN (FUTURES MARKET); atau sebuah tukar menukar saat mendatang (sepasang kontrak mata uang asing untuk waktu mendatang, yang melibatkan suatu pembelian dan penjualan kontrak masa depan dari suatu mata uang tertentu, yang jatuh tempo pada tanggal yang berbeda di masa yang akan datang). Tukar menukar mata uang digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang berdagang secara internasional, untuk meminimalisasi risiko kerugian yang timbul dari perubahan nilai tukar (lihat EXCHANGE RATE EXPOSURE) .

PENGERTIAN TUKAR MENUKAR | ok-review | 4.5