PENGERTIAN TOKO BANGUNAN

By On Thursday, December 5th, 2013 Categories : Ekonomi

DO-IT-YOURSELF (DIY) STORE / TOKO BANGUNAN adalah suatu TOKO PENGECER yang khusus menjual peralatan dan bahan untuk memperbaiki rumah. Lihat RETAILER DISTRIBUTION CHANNEL. dollar ($) [dolar ($)] mata uang Amerika Serikat. Dolar juga banyak berperan secara internasional, khususnya sebagai cadangan aktiva internasional, dan sebagai satuan perhitungan perdagangan minyak secara internasional. Lihat JUGA EUROCURRENCY MARKET. internasional, khususnya sebagai cadangan aktiva internasional, dan sebagai satuan perhitungan perdagangan minyak secara internasional. Lihat JUGA EUROCURRENCY MARKET. Sebagai salah satu komponen dari permintaan agregat, pengeluaran investasi mempunyai pengaruh dalam penambahan total permintaan. Menurut teori aliran Keynes mengenai penentuan pendapatan, pendapatan akan meningkat sampai tabungan yang dihasilkan dari tambahan pendapatan mengimbangi tingkat investasi yang lebih tinggi (lihai EQUILIBRIUM LEVEL OF NATIONAL INCOME). Jadi bila kita tentukan peningkatan investasi sebagai Al, maka pendapatan (Y) akan meningkat sebesar:
AY = — A
dimana °o adalah kecenderungan marjinal menabung (MARGINAL PROPENSITY TO SA YE) .
Teori penentuan pendapatan jangka pendek ini mengabaikan efek- efek lain dalam pengeluaran investasi, misalkan bertambahnya kapasitas produksi. Penciptaan kapasitas ini tidak begitu berarti dalam jangka pendek, tetapi PERTUMBUHAN EKONOMI (ECONOMIC GROWTH) berkaitan dengan jangka panjang, dan dalam jangka panjang peranan investasi dalam menambah kapasitas produksi perlu dipertimbangkan bersama-sama dengan pengaruhnya dalam menciptakan permintaan. Yang dipertanyakan oleh Domar adalah: “Jika investasi meningkatkan kapasitas produksi dan juga menghasilkan pendapatan, berapa tingkat investasi yang dapat meningkatkan pendapatan yang sama dengan peningkatan kapasitas produksi?” Untuk menjawab pertanyaan ini, Domar membuat suatu persamaan, yang satu sisinya menggambarkan peningkatan kapasitas produksi, dan sisi yang lain peningkatan pendapatan, dan jawaban persamaan itu menunjukkan tingkat pertumbuhan yang diinginkan. Misalkan setiap poundsterling investasi, 10, ditambahkan pada kapasitas produksi sebesar £9 per tahun. Sebagai contoh, jika diperlukan modal sebesar £3.000 untuk menghasilkan output sebesar £1.000 per tahun, maka 9 adalah 33% per tahun. Tanda 0 merupakan RASIO ourput TERHADAP MODAL (CAPITAL-OUTPUT RATIO) , yaitu hubungan antara peningkatan investasi dengan peningkatan output yang dihasilkan. Dengan demikian kapasitas produksi dalam perekonomian meningkat sebesar I, yaitu kapasitas yang dihasilkan dari efek investasi dan yang merupakan sisi penawaran dari persamaan yang sedang kita bicarakan. Untuk menggunakan kapasitas tambahan ini, permintaan harus meningkat dengan jumlah yang sama. Beralih ke sisi permintaan dari persamaan, teori PENGGANDA (MULTIPLIER) menyatakan bahwa dengan kecenderungan maijinal menabung tertentu, £, peningkatan pendapatan nasional bukan fungsi dari I, tetapi dari peningkatan investasi, Al, yaitu peningkatan investasi absolut per tahun. Peningkatan absolut tahunan yang di dapat adalah: T
AY = Al. — a
di mana l/£ adalah pengganda. Untuk mendapatkan kondisi yang
memungkinkan pendapatan dan kapasitas meningkat dengan tingkat yang sama maka persamaan mengharuskan bahwa:
— = a0 I
Sisi kiri persamaan adalah persentase tingkat pertumbuhan investasi per tahun, yang untuk mempertahankan kesempatan kerja penuh dengan kapasitas produksi yang meningkat, harus tumbuh sebesar £0 dalam persen per tahun. Pendapatan harus tumbuh juga dengan tingkat persentase yang sama. Lihat SOLOW ECONOMIC GROWTH MODEL, HARROD ECONOMIC GROWTH MODEL.

PENGERTIAN TOKO BANGUNAN | ok-review | 4.5