PENGERTIAN TINGKAT INFLASI PENGANGGURAN YANG STABIL

By On Thursday, January 9th, 2014 Categories : Ekonomi

NO ACCELERATING INFLATION RATE OF UNEMPLOYMENT (NAIRU): / TINGKAT INFLASI PENGANGGURAN YANG STABIL adalah tingkat PENGANGGURAN ( UNEMPLOYMENT) dasar yang konsisten dengan suatu tingkat INFLASI (INFLATION) yang stabil. Tingkat pengangguran dasar ini sering juga disebut sebagai TINGKAT PENGANGGURAN ALAMI (NATURAL RATE OF UNEMPLOYMENT) . Tingkat pengangguran alami mencerminkan permintaan untuk, dan penawaran dari, tenaga kerja dan biasanya menghasilkan kekuatan pasar tenaga kerja yang mempercepat ataupun memperlambat tingkat inflasi yang berlaku sejauh tingkat pengangguran alam menghasilkan ekspektasi inflasi antara perunding- perunding upah yang konsisten dengan tingkat inflasi yang berlaku. Bagaimanapun juga, tingkat pengangguran alamiah tidak akan berlangsung selamanya, dan tingkat ini bervariasi di antara negara-negara dan di dalam negara sepanjang waktu sebagai hasil dari:
(a) ukuran-ukuran pemerintah yang berusaha menurunkan ekspektasi inflasi secara langsung melalui perangkat seperti norma-norma KEBIJAKAN PENDAPATAN DAN HARGA (PRICES AND INCOMES POLICY) yang bertujuan untuk membentuk upah yang lebih rendah dan peningkatan harga.
(b) ukuran-ukuran sisi penawaran yang beraneka ragam, contohnya, pelatihan yang ditingkatkan dengan mempengaruhi tingkat keahlian dan mobilitas tenaga kerja, yang ditujukan untuk meningkatkan penawaran produk-produk dalam kaitannya dengan permintaan yang ada. Hal ini dapat menurunkan tingkat pengangguran dalam hubungannya dengan tingkat inflasi yang berlaku, atau membawa kepada tingkat inflasi yang lebih rendah untuk suatu tingkat pengangguran tertentu.
Lihat EXPECTATIONS-ADJUSTED/AUGMENTED PHILLIPS CURVE, SUPPLY-SIDE ECONOMICS.

PENGERTIAN TINGKAT INFLASI PENGANGGURAN YANG STABIL | ok-review | 4.5