PENGERTIAN TEORI PREFERENSI YANG DINYATAKAN

By On Wednesday, January 22nd, 2014 Categories : Ekonomi

REVEALED PREFERENCE THEORY / TEORI PREFERENSI YANG DINYATAKAN adalah suatu penjelasan alternatif untuk KURVA PERMINTAAN (DEMAND CURIE) dengan kemiringan dari kiri atas ke kanan bawah dari seorang konsumen individual, di mana si konsumen diminta untuk menyatakan apa yang menjadi pereferensi atau pilihannya dalam keadaan-keadaan tertentu. Preferensi-preferensi yang diberikan mungkin atas dua atau lebih barang-barang, akan tetapi apabila terdapat lebih dari dua barang, maka uang digunakan untuk mewakili seluruh barang lainnya dan untuk memudahkan, maka dapat diberikan analisis grafis.
Jika seorang konsumen memutuskan bahwa dia lebih memilih suatu kombinasi dari uang (OMj) dan barang X (OXj), maka konsumen tersebut akan berada pada titik a pada GARIS ANGGARAN (BUDGET IJNE) (atau garis harga relatif) MX. Apabila barang X menjadi lebih murah, maka lebih banyak yang dapat dimiliki karena pendapatan riil konsumen meningkat, dan karenanya ia dapat berpindah ke garis anggaran MX9. Dengan demikian maka kombinasi barang-barang yang dipilih oleh konsumen sekarang berada pada titik b. Akan tetapi, tidak semua perubahan yang mengakibatkan meningkatnya pendapatan riil konsumen hanya diakibatkan oleh turunnya harga barang X. Sebagian dari peningkatan pendapatan riil tersebut adalah disebabkan oleh adanya substitusi dari barang X yang lebih murah terhadap barang-barang yang lain, dan dampak ini selalu positif, yaitu, bahwa adalah tidak mungkin untuk membeli lebih sedikit barang X yang sekarang menjadi lebih murah setelah terjadi perubahan ke MX^, di-bandingkan dengan ketika masih berada pada garis anggaran MX.
Apabila kombinasi baru yang dipilih oleh konsumen yaitu pada titik b secara proporsional, dikurangi dengan suatu penurunan hipotetis dalam pendapatan dalam bentuk suatu pergeseran paralel garis anggaran ke arah dalam yaitu pada posisi M2X3, maka konsumen tersebut akan memilih sebuah posisi baru, yaitu titik c, DAMPAK SUBSTITUSI (SUBTITITTION EFFECT) dari Xj ke X5, sementara X5 ke X4 adalah merupakan DAMPAK PENDAPATAN (INCOME EFFECT) . Lihat CONSUMER EQUILIBRIUM, INDIFFERENCE CURVE, PRICE EFFECT.
REVENUE / PENDAPATAN adalah hasil uang yang diterima oleh suatu perusahaan dari penjualan BARANG-BARANG (GOODS) dan JASA-JASA (SERVICES) yang dihasilkannya (PENDAPATAN PENJUALAN (SALES REVENUE)), atau uang yang diterima oleh pemerintah dari hasil pemungutan PAJAK (TAXATION). Lihat AVERAGE REVENUE, MARGINAL REVENUE, TOTAL REVENUE.

PENGERTIAN TEORI PREFERENSI YANG DINYATAKAN | ok-review | 4.5