PENGERTIAN TELUK JAKARTA

By On Tuesday, April 1st, 2014 Categories : Antropologi

PENGERTIAN TELUK JAKARTA –  Terdapat di utara Jakarta. Te­luk ini terbentuk sebagai akibat menjoroknya Tanjung Karawang di bagian timur, dan Tanjung Kait di bagi­an barat, ke Laut Jawa. Lebar terbesar mulut teluk ini 40 kilometer, sedangkan jarak lurus dari Tanjung fcar. vvang ke dataran Jakarta lebih dari 15 kilometer.
Di teluk ini terletak Tanjung Priok, pelabuhan ter­besar di Indonesia yang juga menjadi pusat kegiatan impor ekspor. Di barat Tanjung Priok terletak Sunda Kelapa, pasar ikan yang memasok ikan ke seluruh Ja­karta. Sunda Kelapa juga menjadi pusat pelabuhan perahu layar Pinisi dan Lambo. Marunda, perkam­pungan nelayan, terletak di sebelahnya.
Di tengah Teluk Jakarta, bermuara Sungai CiLiwung. Sungai ini membawa serta limbah penduduk Jakarta dengan akibat tercemarnya perairan Teluk Ja­karta. Sekalipun tingkat pencemarannya belum men­capai taraf membahayakan, dalam jangka panjang dikhawatirkan pencemaran ini akan membahayakan penduduk di sekitarnya.
Di depan Teluk Jakarta terletak beberapa pulau ke­cil yang menjadi habitat burung. Dalam jarak 5 hingga 75 kilometer dari pantai, terletak gugusan Kepulauan Seribu.

PENGERTIAN TELUK JAKARTA | ok-review | 4.5