PENGERTIAN TAWARAN PENGAMBILALIHAN

By On Thursday, January 23rd, 2014 Categories : Ekonomi

TAKEOVER BID / TAWARAN PENGAMBILALIHAN adalah suatu usaha oleh sebuah PERUSAHAAN (NOM) untuk MENGAMBIL ALIH {TAKEOVER) perusahaan lain, dengan cara mendapatkan sebagian besar saham dalam sebuah PERUSAHAAN SAHAM PATUNGAN (JOINT-STOCK COMPANY) umum. Syarat-syarat keuangan tawaran tersebut dapat berupa suatu tawaran tiang tunai secara langsung atau suatu kombinasi dari uang tunai dan saham-saham. Harga per saham yang ditawarkan perusahaan yang menjadi sasaran umumnya melampaui nilai aktiva fisik perusahaan tersebut dan harga sekarang di bursa saham. Premi harga yang ditawarkan oleh pihak yang akan mengambil alih mencerminkan penilaiannya terhadap nilai aktiva fisik, merek dagang, kontrak-kontrak dagang, dan lain sebagainya dari perusahaan yang akan diambil alih apabila mereka dikelola secara lebih efektif sebagai bagian dari perusahaan yang mengambil alih. Sejumlah ketentuan digunakan untuk menggambarkan berbagai taktik oleh perusahaan-perusahaan yang akan diambil alih, yang meliputi :
(a) black knight : suatu perusahaan melancarkan atau menawarkan suatu tawaran pengambilalihan yang tidak bersahabat (bertentangan) untuk beberapa perusahaan lain.
(b) golden parachute : setiap ketentuan yang memberi berbagai fasilitas yang ditulis dalam kontrak-kontrak kerja direksi suatu perusahaan, yang mengakibatkan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk memecat direksi tersebut apabila perusahaan diambil alih.
(c) greenmail: suatu situasi di mana saham-saham sebuah perusahaan akan dibeli oleh seorang penawar (potensial) pengambil alih, yang mana kemudian ia dihalang-halangi untuk melakukan suatu tawaran yang sesungguhnya oleh direksi perusahaan tersebut yang membeli saham-saham tersebut darinya dengan harga tinggi.
(d) leveraged bid : suatu pengambilalihan yang pada pokoknya dibiayai dengan penerbitan MODAL PINJAMAN (LOAN CAPITAL) (sering dalam bentuk junk bonds) bukan dari MODAL SAHAM (SHARE CAPITAL), yang akan meningkatkan PERCEPATAN MODAL (CAPTTAL GEARING) dari perusahaan yang diperluas.
(e) pac-man defence: suatu situasi di mana perusahaan yang akan ditawar untuk diambilalih justru melakukan suatu tawaran untuk mengambil alih perusahaan yang diminati (lihat REVERSE TAKE OVER).
(f) poison pil : sebuah taktik yang digunakan dalam suatu tawaran pengambilalihan di mana perusahaan yang akan menjadi sasaran itu sendiri mengambil alih atau bergabung (lihat MERGER) dengan beberapa perusahaan lain, untuk membuat perusahaan secara finansial dan structural menjadi kurang menarik bagi peminat potensial.
(g) porcupine : setiap perjanjian yang kompleks antara sebuah perusahaan dan para pemasoknya, langganan, atau kreditur yang mengakibatkan sebuah perusahaan yang berminat sulit untuk mengintegrasikan perusahaan ini dengan perusahaannya sendiri.
(h) shark repellants : setiap langkah yang secara khusus dirancang untuk mengecilkan hati para penawar pengambil alih; misalnya, mengubah pasal asosiasi perusahaan yang meningkatkan proporsi hak suara para pemegang saham yang dibutuhkan untuk menyetujui tawaran di atas batas yang biasanya 50%.
(i) white knight: campur tangan perusahaan pihak ketiga dalam suatu tawaran pengambilalihan yang mana perusahaan tersebut mengambil alih atau bergabung dengan perusahaan yang akan dijadikan sasaran, untuk “menyelamatkan”nya dari peminat yang tidak bersahabat. Lihat city code.

PENGERTIAN TAWARAN PENGAMBILALIHAN | ok-review | 4.5