PENGERTIAN TABUNGAN

By On Wednesday, January 22nd, 2014 Categories : Ekonomi

SAVING / TABUNGAN adalah bagian pendapatan dari seseorang (tabungan pribadi), sebuah perusahaan atau lembaga (laba ditahan) yang tidak dibelanjakan atau dikeluarkan untuk konsumsi sekarang. Tabungan-tabungan biasanya disimpan dalam bentuk deposito pada sebuah BANK, BADAN-BADAN MASYARAKAT (BUILDING SOCIETY) dan sebagainya, atau digunakan untuk mendapatkan aktiva-aktiva keuangan atau fisik, seperti SAHAM (SHARES) atau pabrik. Dengan menangguhkan pengeluaran untuk konsumsi, para penabung dapat meningkatkan pendapatan mereka di masa depan melalui deviden, bunga, dan penerimaan sewa, serta melalui apresiasi modal.
Dalam analisis ekonomi makro, tabungan merupakan bagian dari PENDA¬PATAN NASIONAL (NATIONAL INCOME) yang tidak digunakan untuk konsumsi saat ini, bila tabungan digunakan untuk konsumsi berarti terjadi suatu PENARIKAN (WITHDRAWAL) dari MODEL ARUS MELINGKAR PENDAPATAN NASIONAL (CIRCULAR FLOW OF NATIONAL INCOME). Dalam model arus melingkar yang sederhana, semua tabungan dilakukan oleh rumah tangga; dalam model yang lebih luas, di samping rumah tangga, tabungan juga dilakukan oleh perusahaan-perudahaan (laba ditahan) dan pemerintah (surplus anggaran).
Dalam artian yang sesungguhnya, tabungan adalah penting dalam membiayai INVESTASI (INVESTMENT) fisik. Tabungan (menunda konsumsi sekarang) menyimpan sumber daya yang dapat digunakan untuk meningkatkan MODAL SAHAM (CAPITAL STOCK) perusahaan, dan karena itu akan meningkatkan kapasitasnya untuk memproduksi lebih banyak barang- barang setiap saat.
Lihat juga SAVINGS SCHEDULE, PARADOX OF THRIFT.

PENGERTIAN TABUNGAN | ok-review | 4.5