PENGERTIAN SUNGAI FLY

By On Saturday, March 15th, 2014 Categories : Review

Salah satu dari sungai terbesar di Irian Timur. Panjang sungai ini sekitar 1.100 kilome­ter, sedangkan bagian yang dapat dilayari sepanjang tahun 864 kilometer.
Sungai ini berhulu dekat perbatasan Irian Jaya. Se­bagian alirannya pada bagian barat Irian Timur men­jadi batas alam antara Propinsi Irian Jaya dan Irian Timur wilayah Papua Nugini. Itulah sebabnya garis batas kedua negara yang ditarik menurut garis bujur lidak lurus di bagian selatannya tetapi a6ak meleng­kung ke wilayah Indonesia membentuk bulan sabit se­suai dengan lengkungan Sungai Fly. Daerah sepan­jang lembah sungai ini hampir tidak berpenghuni ka­rena dari Oktober hingga April selalu timbul banjir yang sangat deras dan berbahaya. Material yang di­bawa sungai ini waktu banjir dipasok juga oleh anak sungainya, yaitu Strickland, Alice, Palmer, dan Kaim. Sumber air Sungai Kaim ialah Danau Murray, sebuah danau besar dengan beberapa kota kecil di pinggir­nya.
Pasir dan tanah yang dihanyutkan ke Selat Torres menghasilkan bukit-bukit pasir serta tiga buah pulau kecil, yaitu Pulau Kiwai, Wabuda, dan Pirutu di muara sungainya yang selebar 64 kilometer.
Di sungai ini terdapat banyak buaya, sedangkan di lembah sungainya hidup berbagai jenis ular. Sebagian lembahnya telah dibuka untuk perkebunan kelapa te­tapi hambatan alam, hutan lebat dan tak adanya pra­sarana jalan, menyulitkan pengangkutan dan pema­saran hasil perkebunan.
Sungai ini diberi nama, yang diambil dari nama ka­pal HMS Fly, oleh Kapten F. P. Blackwood ketika ia berlayar dengan kapal itu dan tiba di muara sungai ini tahun 1842.

PENGERTIAN SUNGAI FLY | ok-review | 4.5