PENGERTIAN SUBSIDI

By On Thursday, January 23rd, 2014 Categories : Ekonomi

SUBSIDY / SUBSIDI adalah cadangan keuangan dan sumber-sumber daya lainnya untuk mendukung suatu kegiatan usaha atau kegiatan perorangan oleh pemerintah. Subsidi dapat bersifat langsung (bantuan uang tunai, PINJAMAN (LOANS) bebas bunga, dan lain sebagainya), atau tidak langsung (pembebasan penyusutan, potongan sewa), dan dapat digunakan untuk bermacam-macam tujuan, yang meliputi:
(a) subsidi PRODUKSI (PRODUCTION): pemberian subsidi pada para pemasok oleh pemerintah untuk mendorong mereka meningkatkan output dari produk tertentu, dengan menutup sebagian biaya produksi mereka atau bahkan mengganti kerugian-kerugian. Tujuannya mungkin untuk memperluas produksi beberapa produk dengan harga rendah yang dianggap sangat penting (misalnya, suatu bahan makanan tertentu, yang juga berarti memberi subsidi pada konsumen); atau, misalnya membantu pengoperasian awal sebuah perusahaan baru (lihat BUSINESS EXPANTION SCHEME) atau industri baru (lihat INDUSTRIAL POLICY), dan mendorong perusahaan-perusahaan untuk berlokasi di daerah-daerah tertentu (lihat REGIONAL POLICY) . Dalam kasus yang pertama, subsidi digunakan sebagai suatu alat pendistribusian kembali pendapatan dengan menurunkan harga produk-produk seperti roti dan susu, yang secara jelas dimasukkan ke dalam perhitungan kelompok-kelompok berpenghasilan lebih rendah dalam anggaran atau dengan mensubsidi pendapatan secara langsung.
(b) subsidi EKSPOR (EXPORT): pemberian subsidi oleh pemerintah untuk produk tertentu yang diekspor, atau ekspor secara umum, sebagai suatu alat untuk membantu neraca pembayaran negara.
(c) subsidi PEKERJAAN (EMPLOYMENT); pemberian subsidi pada upah oleh pemerintah sebagai suatu insentif pada perusahaan-perusahaan untuk dapat memberi lebih banyak kesempatan kerja, sehingga dapat menurunkan tingkat pengangguran dalam perekonomian.
(d) subsidi PENDAPATAN (INCOME): pemberian subsidi pada masyarakat melalui sistem pembayaran transfer pemerintah (contoh, tunjangan hari tua) dalam usaha untuk memungkinkan mereka menikmati suatu standar hidup minimum.
Subsidi mendorong peningkatan output produk-produk yang dibantu, akan tetapi menggangu proses ALOKASI SUMBER DAYA (RESOURCE-ALLOCATION) domestik secara umum, dan memberi dampak yang merugikan terhadap perdagangan internasional.
Lihat REDISTRIBUTION-OF-INCOME PRINCIPLE OF TAXATION, PROTECTIONISM, CROSS- SUBSIDIZATION.

PENGERTIAN SUBSIDI | ok-review | 4.5