PENGERTIAN STRUKTUR INDUSTRI

By On Thursday, January 23rd, 2014 Categories : Ekonomi

STRUCTURE OF INDUSTRY / STRUKTUR INDUSTRI adalah kegiatan produktif yang dilaksanakan dalam suatu perekonomian, yang diklasifikasikan berdasarkan pengelompokan-pengelompokan luas dari aktivitas menurut sektor, atau secara sempit, atas dasar dari satu industri ke industri yang lain.
Tiga sektor dasar dari suatu perekonomian adalah : (a) sektor primer (bahan mentah dan pertanian), (b) sektor sekunder atau industri (barang-barang industri, konstruksi, gas dan listrik, dan lain sebagainya), (c) sektor jasa (pedagang eceran, perbankan, pariwisata, dan lain sebagainva).
Secara relatif, pentingnya masing-masing sektor ini cenderung berubah dengan berkembangnya perekonomian dari waktu ke waktu. Contoh, NEGARA-NEGARA BERKEMBANG (DEVELOPING COUNTRIES) ditandai dengan sektor primer yang sangat besar dan sektor jasa dan industri yang kecil, sedangkan NEGARA-NEGARA MAJU (DEVELOPED COUNTRIES) ditandai dengan sektor-sektor primer yang kecil dan sektor-sektor jasa dan industri yang besar. Memperlihatkan bahwa di sebagian besar negara-negara maju telah terjadi penurunan relatif pada sektor industri dan bersamaan dengan itu suatu peningkatan dalam sektor jasa. Lihat INDUSTRIALIZATION, DEINDUSTRIALIZATION, INDUSTRIAL CLASSIFICATIONS, ECONOMIC DEVELOPMENT.

PENGERTIAN STRUKTUR INDUSTRI | ok-review | 4.5