PENGERTIAN STANDAR NILAI TUKAR EMAS

By On Saturday, December 14th, 2013 Categories : Ekonomi

GOLD-EXCHANGE STANDARD / STANDAR NILAI TUKAR EMAS adalah versi standar emas murni yang dimodifikasi di mana mata uang seperti dolar Amerika digunakan oleh negara-negara lain sebagai tambahan terhadap emas untuk mengatasi pembayaran yang defisit. Lihat INTERNATIONAL RESERVES.
GOLD STANDARD / STANDAR EMAS adalah suatu SISTEM MONETER INTERNASIONAL (INTERNATIONAL MONETARY SYSTEM) di mana emas dijadikan seoagai dasar dalam PENGADAAN UANG (MONEY SUPPLY) nasional dan digunakan untuk membiayai PERDAGANGAN INTERNASIONAL (INTERNATIONAL TRADE) serta defisit NERACA PEMBAYARAN (BAIANCE PAYMENTS) .
Dalam standar emas NILAI KURS (EXCHANGE RATES) adalah tetap dengan ukuran nilai emas. (Standar emas telah diadopsi secara luas pada abad 19 setelah diberlakukan sejak awal tahun 30-an). Dalam teori, standar emas memberikan suatu MEKANISME PENYESUAIAN (ADJUSTMENT MECHANISM) secara ‘otomatis’ untuk menghilangkan ketidakseimbangan pembayaran antara negara; defisit dibiayai dengan mengalirnya emas ke luar negeri yang akan mengurangi PERSEDIAAN UANG (MONEY SUPPLY) dalam negeri. Hal ini akan mengakibatkan deflasi (lihat DEFLATION) tingkat harga di dalam negeri yang menjadikan IMPOR (IMPORTS) relatif lebih mahal dan EKSPOR (EXPORTS) relatif lebih murah yang akhirnya akan mengurangi volume impor dan meningkatkan volume ekspor. Surplus dibiayai dengan mengalirnya emas ke dalam negeri. Hal ini akan mengakibatkan inflasi (lihat INFLATION) tingkat harga di dalam negeri yang menjadikan impor relatif lebih murah dan ekspor relatif lebih mahal yang akhirnya menurunkan volume ekspor dan meningkatkan volume impor. Dengan cara ini defisit dan surplus dapat dihilangkan dan KESEIMBANGAN NERACA PEMBAYARAN (BAIANCE-OI: PAYMENTS EQUILIBRIUM) pulih kembali. Dalam prakteknya, negara-negara merasakan bahwa kombinasi dari nilai tukar tetap dan menyerahkan’kebijaksanaan ekonomi dalam negeri pada pengaruh situasi luar adalah terlalu sulit dalam pengaturan yang lebih fleksibel. Lihat. FIXED EXCHANGE RATE SYSTEM, INTERNATIONAL MONETARY FUND.

PENGERTIAN STANDAR NILAI TUKAR EMAS | ok-review | 4.5