PENGERTIAN SENAPAN FN-FAL

By On Saturday, March 15th, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN SENAPAN FN-C
Senapan-serbu otomatis yang mekanisme otomatiknya digerakkan dengan gas dari ledakan pelurunya. Peluru disalurkan ke mekanisme otomatiknya melalui sebuah lubang di laras. Senapan yang lazim juga disebut “FN-C” di kalangan perso­nel pasukan Indonesia yang menggunakannya ini me­miliki kaliber 5.56 milimeter. Di dunia internasional, kaliber ini dikenal sebagai kaliber senapan-serbu stan­dar NATO. Senapan ini memiliki kemampuan me­nembak selektif dalam tembakan tunggal, tiga tem­bakan beruntun dalam satu tarikan pelatuk, dan oto­matis penuh.
Di pandang dari aspek paradigma teknologinya, FN-C merupakan senapan modern pengembangan mutakhir penting rekayasa senapan Pabrik Persenja­taan FN. FN C adalah pengembangan dari FN-CAL (Carbine Automatique Leger, Senapan Otomatis Ri­ngan), yang direkayasa pada pertengahan dekade ta­hun 1970-an, dan merupakan senapan negara Eropa barat pertama yang didesain bagi kaliber ukuran pe­luru 5,56 x 45 milimeter. Seluruh negara NATO ke­mudian menggunakan ukuran tersebut sebagai stan­dar, sehingga seluruh senapan NATO memakai pelu­ru yang sama, dan hal ini mempermudah dukungan logistik terhadap pasukan. Kemudahan tersebut amat besar artinya dalam perang sesungguhnya. Kemudah­an tersebut juga amat bermanfaat bagi ABRI, yang memakai berbagai senapan buatan Barat dalam ja­jaran pasukannya.
 
PENGERTIAN SENAPAN FN-FAL
Termasuk senapan serbu oto­matis yang mekanisme otomatiknya digerakkan de­ngan gas yang berasal dari ledakan pelurunya. Se­napan jenis ini pernah dipakai sebagai senapan-serbu standar Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI- AD. Kini Kopassus menggunakan FN-C. FN-FAL dan FN-C yang merupakan rekayasa Pabrik Persenjataan FN mendapat pujian dari Angkatan Bersenjata pe­makainya. Senjata ini digunakan oleh lebih dari 30 negara.
Standardisasi senapan-serbu pada peluru kaliber 5.56 X 45 milimeter menjadi sebab penting tidak ter­pakainya senapan ini oleh Kopassus, yang kemudian beralih ke FN-C. FN-C sekaligus digunakan sebagai senapan standar beberapa pasukan terpilih dalam TNI.
Pemakaian FN-C yang lebih ringan, dengan pelu­ru yang juga lebih kecil, memberi keuntungan sendiri bagi TNI, yang selain postur jasmaniah prajuritnya relatif lebih kecil, juga sarana dukung logistiknya le­bih terbatas dibandingkan standar Angkatan Bersen­jata negara-negara Barat asal rekayasa FN-FAL. De­ngan peluru yang lebih kecil dan ringan, seorang pra­jurit mampu membawa peluru lebih banyak, dan sa­rana transpor logistikpun menjadi mampu mengan­tar jumlah peluru yang lebih besar.

PENGERTIAN SENAPAN FN-FAL | ok-review | 4.5