PENGERTIAN SELAT DARDANELLA

By On Tuesday, February 18th, 2014 Categories : Antropologi

Menghubungkan Laut Aegea dan Marmara. Letaknya di antara Semenanjung Gallipoli di wilayah Turki Eropa dan Semenanjung Turki Asia. Lebar bagian ujung tersempit selat ini sekitar 1,6 kilometer; lebar 5—6 kilometer; panjang 60 kilometer, dan kedalaman 61 meter.
Bersama Selat Bosporus, selat itu merupakan bagian terusan dari Laut Hitam ke Laut Tengah. Sejarah Dardanella berasal dari nama kota Yunani kuno di bagian Asia selat itu. Orang Yunani kuno menyebut selat ini Hellespont. Selat ini sangat strategis. Xerxes I dari Persia (480 SM) dan Iskandar Agung (334 SM) menyeberanginya lewat jembatan biduk.
Sejak tahun 1841, Turki dikuasakan mengawasi selat ini oleh Inggris, Perancis, Prusia, dan Austria. Tetapi Perjanjian Lausanne (1923) dan Montreux (1936) mempertegas terbukanya selat ini untuk umum.
Posisi Dardanella yang amat penting bagi aktivitas lalu lintas laut, antara Laut Hitam dan Laut Tengah, menjadikan selat itu incaran negara-negara di seputar Laut Hitam lainnya, antara lain Uni Soviet.

PENGERTIAN SELAT DARDANELLA | ok-review | 4.5