PENGERTIAN SEJARAH INDIA

By On Monday, March 31st, 2014 Categories : Antropologi

PENGERTIAN SEJARAH INDIA – Berawal dari Lembah Indus yang me­rupakan daerah yang subur di anak benua itu. Dae­rah ini diduduki oleh bangsa Arya, yang selama lebih dari 2.000 tahun mengembangkan peradaban dan memperkenalkan sistem kasta dalam masyarakat.
Pada tahun 327-325 SM, Iskandar Agung menyerbu India Barat Laut dan pada abad berikutnya, sebagian besar dari anak benua ini dipersatukan di bawah pe­merintahan Asoka yang menjadikan Budha sebagai agama negara. Tetapi agama ini kemudian terdesak oleh penyebaran agama Hindu. Pada abad ke-4, Ke­rajaan Hindu yang pertama didirikan.
Pada abad ke-8, agama Islam diperkenalkan di dae­rah Sindu oleh pendatang asal Arab. Kontak dengan bangsa kulit putih dilakukan sejak datangnya pe­tualang bangsa Portugis, Vasco Da Gama, yang ke­mudian ikut dalam penyerbuan Portugis ke Goa.
Antara tahun 1526-1707, India diperintah Dinasti Mogul. Sementara itu agama Islam terus berkemban. . Sejak saat itu muncul kebudayaan Islam-India dalam berbagai bentuk kesenian dan arsitektur. Salah satu bukti kemegahan arsitektur Islam-India adalah ba­ngunan Taj-Mahal.
Antara tahun 1746 -1763, India menjadi medan per­tempuran antara Inggris dan Perancis. Keduanya men­coba menguasai daerah ini. Dengan perjanjian Paris tahun 1763, Inggris berkuasa penuh atas wilayah ini.
Pemberontakan Sepoy yang dilancarkan prajurit- prajurit (Sipahi) India dalam ketentaraan Inggris (1746-1858) di British East India Company ditindak dengan kejam. Perusahaan itu dibubarkan dan India langsung di bawah kekuasaan Kerajaan Inggris.
Pada tahun 1919, Mohandas K. Gandhi, yang di­kenal sebagai Mahatma Gandhi, mengorganisasikan suatu kampanye yang sifatnya pasif untuk menentang pemerintah Inggris. Gerakan swadesi yang mirip de­ngan gerakan berdikari di Indonesia sempat meng­goyahkan industri Inggris karena kehilangan pasar bagi hasil industrinya. Ia bersama pimpinan India lain­nya kemudian ditahan oleh Pemerintah Inggris. Kini rakyat India menganggap Mahatma Gandhi sebagai Bapak Bangsa India.
Antara tahun 1942-1945 terjadi perpecahan dalam Kongres Nasional India antara orang Hindu dan Liga Islam yang menginginkan berdirinya negara Islam Pakistan, yang pada Perang Dunia II membantu Inggris. Pada tahun 1947, anak benua ini menjadi dua negara merdeka, India dan Pakistan. Jawaharlal Nehru menjadi perdana menteri India. Tetapi ke­rusuhan antara umat Islam dan Hindu masih sering teri: di- Selain itu Pakistan dan India terus bertikai dalam memperebutkan wilayah Kashmir. Perang ma­salah Kashmir ini diakhiri dengan gencatan senjata oleh PBB. Sementara itu Mahatma Gandhi, yang se­lalu menganjurkan perdamaian, dibunuh oleh seorang Hindu fanatik.
Pada tahun 1962, pasukan Cina menduduki Kash­mir, tetapi kemudian diadakan serbuan balasan di bawah pimpinan Menteri Pertahanan India, Krishna Menon. Jawaharlal Nehru meninggal dunia tahun 1964. Ia digantikan oleh Bhadur Shastri, yang mening­gal ‘unia dalam setahun masa pemerintahannya; ia digantikan oleh Indira Gandhi, putri Nehru. Mening­galnya Presiden Sakir Husin, tahun 1969, menyebab­kan terjadinya pergolakan kekuasaan dalam Partai Kongres sehingga partai itu pecah dua, diikuti dengan terpilihnya V.V. Giri sebagai presiden dengan dukung­an Ny. Indira Gandhi.
Pada tahun 1971, partai Indira Gandhi mendapat­kan kemenangan mutlak dalam pemilihan umum. Te­tapi pemerintahannya dirisaukan dengan 7 juta jiwa pengungsi dari Pakistan Timur ke India akibat perang kemerdekaan di wilayah tersebut.
India muncul menjadi negara sedang berkembang yang berhasil dalam percobaan nuklirnya. Pada tahun 1975 India menggabungkan wilayah Sikkim menjadi negara bagian yang ke-22. Pada tahun 1977, Partai Kongres kalah oleh Partai Janata, pimpinan Morarji Ranchhoii Desai. Tetapi tiga tahun kemudian, Ny. Indira Gandhi kembali menguasai pemerintahan India. Indira makin memacu modernisasi India. Ia ber- usaha agar India menjadi pemimpin negara nonblok, sel. menjadi “polisi” di Asia Selatan. Untuk tujuan itu India mensponsori terbentuknya Perhimpunan Negara-negara Asia Selatan, semacam ASEAN; dan juga Pekan Olahraga Asia Selatan, semacam SEA Games.’ Ketika di Sri Lanka terjadi pemberontakan suku bangsa Tamil, dengan agak memaksa India mengirimkan tentaranya untuk membantu mengaman­kan negara tetangganya itu. India pun ikut campur tangan secara militer waktu di Maladewa terjadi ke­rusuhan dan percobaan kudeta.
Pada tahun 1984, Ny. Indira Gandhi tewas dibu­nuh oleh dua ekstremis Sikh yang menuntut berdiri­nya sebuah negara merdeka di Punyab. Dia diganti­kan oleh anaknya, Rajiv Gandhi, yang telah dipersiap­kan menjadi penggantinya.

PENGERTIAN SEJARAH INDIA | ok-review | 4.5