PENGERTIAN RASIONALISASI

By On Wednesday, January 22nd, 2014 Categories : Ekonomi

RATIONAL-EXPECTATIONS HYPOTHESIS / HIPOTESA HARAPAN YANG RASIONAL adalah sebuah HIPOTESA (HYPOTHESIS) yang mengatakan bahwa perusahaan dan individu menafsirkan kejadian-kejadian yang akan datang tanpa prasangka dan dengan akses yang penuh pada informasi yang berhubungan pada saat keputusan harus diambil. Hanya informasi baru yang akan mempunyai dampak pada HARAPAN (EXPECTATIONS) atau perilaku. Pengeluaran perusahaan untuk investasi dan persediaan sangat dipengaruhi oleh harapan yang dimiliki pengusaha tentang masa depan. Harapan ini adalah merupakan elemen penentu utama dalam menetapkan SIKLUS BINIS (BUSINESS CYCIL) . Apabila pengusaha beroperasi di bawah kondisi pengetahuan yang lengkap, maka siklus bisnis dalam bentuknya yang sekarang akan hilang dengan sendirinya. Harapan memegang peranan penting dalam tawar menawar upah, di mana setiap pihak (majikan dan pegawai) harus mengantisipasi kejadian-kejadian masa depan seperti tingkat inflasi, ILUSI UANG (MONEY ILLUSION) tidak akan ada dan pekerjaan akan didasarkan pada upah riil sepanjang masa.
Model harapan yang rasionil barangkali lebih dapat diterapkan pada pasar-pasar yang mendekati persaingan sempurna, dan biasanya kurang begitu berhasil bila diterapkan pada permasalahan-permasalahan ekonomi makro modern. Lihat ECONOMIC MAN.
RATIONALIZATION / RASIONALISASI adalah reorganisasi dari suatu industri (atau perusahaan) untuk memungkinkannya untuk menggunakan sumber daya secara lebih efisien. Rasionalisasi biasanya mengakibatkan berakhirnya pabrik-pabrik yang berbiaya tinggi (apakah itu melalui penggabungan perusahaan atau dengan keluarnya mereka dari suatu industri), yang kemudian memungkinkan output untuk dikonsentrasikan dalam pabrik-pabrik SKALA EFISIEN MINIMUM {MINIMUM EFFICIENT SCALE), dan memungkinkan dicapainya suatu “keseimbangan” yang lebih baik antara permintaan dan penawaran industri dengan cara menghilangkan KELEBIHAN KAPASITAS (EXCESS CAPACITY). Di dalam sebuah perusahaan, rasionalisasi mungkin mencakup pelangsingan struktur organisasi untuk mengurangi biaya overhead. Lihat PRODUCTIVE EFFICIENCY, ORGANIZATIONAL SLACK.

PENGERTIAN RASIONALISASI | ok-review | 4.5