PENGERTIAN RASIO CAKUPAN DIVIDEN

By On Thursday, December 5th, 2013 Categories : Ekonomi

DIVESTMENT / PELEPASAN ATAU PENUTUPAN adalah penutupan atau penjualan satu atau lebih unit operasi (sebagai contoh pabrik) suatu perusahaan atau bahkan seluruh bagian usahanya. Penjualan sebagian unit usaha biasanya terjadi untuk rasionalisasi produksi dan atau mengkonsentrasikan output perusahaan pada pabrik yang lebih modern. Berbeda dengan penjualan seluruh bagian usaha yang menggambarkan keputusan strategi yang fundamental terhadap bagian dari perusahaan. Penjualan dalam kasus ini mencerminkan sejumlah pertimbangan termasuk menarik diri dari usaha yang tidak menguntungkan, kegiatan yang merugi; pelepasan diri dari lingkungan usaha dalam rangka mendapatkan sumber daya keuangan dan manajemen, yang berdasarkan biaya peluang, dapat lebih efektif untuk kegiatan-kegiatan perusahaan yang lain; pelepasan dapat mencerminkan strategi suatu perusahaan mengenai posisinya, yang meliputi pengurangan kembali pada usaha utamanya. Akhirnya, pelepasan ditempuh untuk menghindarkan tantangan dari kebijakan persaingan yang diberlakukan oleh pemerintah, khususnya dalam kasus penggabungan dan pengambilalihan perusahaan.
Pelepasan atau penjualan usaha oleh suatu perusahaan pada gilirannya, sering memberikan kesempatan bagi perusahaan lain untuk berdiversifikasi dalam usaha baru, atau bagi saingan sebelumnya dapat meningkatkan pangsa pasarnya. Lihat RATIONALIZATION, BOSTON MATRIX, DE-MERGER, MANAGEMENT BUY-OUT.
DIVIDENT COVER RATIO OR TIMES COVERED RATIO / RASIO CAKUPAN DIVIDEN adalah suatu ukuran di mana keuntungan perusahaan dapat menutup pembayaran DIVIDEN (DEVIDEND) atas saham-saham (SHARES), yaitu KEUNTUNGAN (PROFIT) setelah pajak dan bunga sebagai rasio pembayaran sebagai suatu rasio terhadap total dividen. Misalnya, jika laba setelah pajak sebesar £100.000 dan pem¬bayaran dividen adalah £50.000 maka rasio cakupan dividen adalah 2:1.

PENGERTIAN RASIO CAKUPAN DIVIDEN | ok-review | 4.5