PENGERTIAN PERUSAHAAN ATAU PEMASOK

By On Saturday, December 7th, 2013 Categories : Ekonomi

FIRM OR COMPANY OR SUPPLIER / PERUSAHAAN ATAU PEMASOK adalah suatu unit transformasi dengan mengubah FAKTOR INPUT (FACTOR INPUTS) menjadi BARANG (GOODS) atau JASA (SERVICES) setengah jadi dan barang atau jasa jadi yang bernilai lebih tinggi. Pada dasarnya unit badan USAHA (BUSINESS) adalah basis unit produksi dan pemasok. Unit badan usaha ini juga sebagai sesuatu yang sangat penting dalam pengembangan teori pasar yang menjelaskan bagaimana perusahaan berinteraksi dan bagaimana penentuan keputusan mengenai harga dan output yang dapat mempengaruhi penawaran di pasar dan harga pasar (lihat THEORY OF THE FIRM, THEORY OF MARKET) .
Bentuk resmi dari suatu perusahaan meliputi:
(a) suatu kepemilikan tunggal (soleproprietorship), suatu perusahaan yang dimiliki dan diawasi (diusahakan) oleh seseorang. Bentuk perusahaan ini adalah bentuk ‘perusahaan’ yang sering dipakai dalam teori ekonomi.
(b) suatu perkongsian (partnership), suatu perusahaan yang dimiliki dan diawasi oleh dua orang atau lebih yang menjadi anggota dalam perjanjian perkongsian.
(c) suatu perusahaan dengan SAHAM GABUNGAN (PERSERO) (JOINT-STOCK COMPANY) , suatu perusahaan yang dimiliki oleh suatu kelompok pemegang saham biasa di mana modal mereka dibagi-bagi dalam sejumlah SAHAM (SHARES). Lihat COOPERATIVE.
Bentuk ekonomi dari perusahaan meliputi:
(a) perusakan horizontal, perusahaan yang mempunyai kegiatan produksi yang tunggal seperti asembling kendaraan bermotor.
(b) perusahaan vertikal perusahaan yang mempunyai dua atau tiga Tahap produksi vertikal van g berkaitan; seperti produsi komponen kendaraan dan asembling kendaraan bermotor.
(c) perusahaan diversifikasi atau konglomerat, suatu perusahaan yang bergerak dalam beberapa aktivitas produksi yang tidak berkaitan satu sama lain. seperti perakitan mobil dan produksi roti. Lihat HORIZONTAL INTEGRATION, VERTICAL INTEGRATION, DIVERSIVICATION.

PENGERTIAN PERUSAHAAN ATAU PEMASOK | ok-review | 4.5