PENGERTIAN PERMINTAAN SPEKULATIF UNTUK UANG

By On Thursday, January 23rd, 2014 Categories : Ekonomi

SPECULATION / SPEKULASI adalah pembelian atau penjualan AKTIVA (ASSETS), riil atau keuangan, untuk mencapai suatu KEUNTUNGAN MODAL (CAPITAL GAIN). Lihat ARBITRAGE, SPECTATIYE-DEMAND FOR MONEY, SPECULATOR.
SPECULATIVE DEMAND FOR MONEY / PERMINTAAN SPEKULATIF UNTUK UANG adalah permintaan untuk sejumlah UANG (MONEY) dalam bentuk likuid yang sangat tinggi, dengan harapan untuk memperoleh keuntungan dari persetujuan-persetujuan dalam bentuk OBLIGASI (BONDS) atau AKTIVA (ASSETS) riil yang berharga rendah. Saldo spekulatif berhubungan dengan konsep TINGKAT BUNGA (INTEREST RATE) yang “normal”. Setiap pemegang saldo spekulatif mempunyai pendapat sendiri-sendiri tentang apa yang dimaksud dengan tingkat “normal” tersebut. Apabila bunga sekarang tinggi, hal ini akan mendorong untuk menahan obligasi tetapi akan mengurangi jumlah uang yang dipegang, karena: (a) BIAYA OPORTUNITAS (OPPORTUNITY COST) pemegangan uang tunai yang tinggi yaitu dalam arti bunga yang hilang; (b) risiko kerugian modal yang dapat diabaikan, karena tingkat bunga kelihatannya tidak mungkin naik lebih tinggi dan dengan demikian akan menurunkan harga obligasi (sehingga terdapat hubungan yang bertolak belakang antara harga obligasi dan TINGKAT BUNGA EFEKTIF (EFFECTIVE INTEREST RATE)). Spekulasi muncul di sekitar pergerakan harga-harga obligasi di masa yang akan datang dan ketika obligasi-obligasi harus dibeli dan dijual. Ketika tingkat bunga tinggi, maka: (c) masyarakat akan berkeinginan untuk memegang saldo spekulatif karena biaya oportunitas dalam bentuk bunga yang hilang adalah rendah; (d) akan terdapat suatu pengharapan umum akan meningkatnya tingkat bunga, dengan konsekuensi penurunan harga obligasi, dan dengan demikian preferensi atau keinginan yang timbul adalah memegang uang tunai. Dampak dari kekuatan-kekuatan tersebut adalah untuk menciptakan suatu hubungan yang terbalik antara tingkat bunga dan permintaan saldo spekulatif.
Permintaan spekulatif untuk uang bersama dengan PERMINTAAN TRANSAKSI UNTUK UANG (TRANSACTION DEMAND FOR MONEY) (uang yang dipegang sehari-harinya untuk membiayai pengeluaran sekarang untuk barang dan jasa) dan PERMINTAAN UANG UNTUK BERJAGA-JAGA (PRECAUTIONARY DEMAND FOR MONEY) (uang yang dipegang untuk membiayai kemungkinan yang tidak terduga) merupakan DAFTAR PERMINTAAN UANG (MONEY-DEMAND SCHEDULE). Lihat LIQUIDITY PREFERENCE, L.M. SECHEDULE.

PENGERTIAN PERMINTAAN SPEKULATIF UNTUK UANG | ok-review | 4.5