PENGERTIAN PENYAKIT CAISSON

By On Tuesday, October 29th, 2013 Categories : Kesehatan

PENYAKIT CAISSON suatu penyakit yang timbul sebagai akibat menurunnya tekanan udara secara cepat di sekitar tubuh. Gangguan tersebut sering kali terjadi pada penyelam yang tinggal selama beberapa jam pada kedalaman tertentu, kemudian dengan cepat kembali ke permukaan. Hal yang sama dapat terjadi pada penerbang yang membawa pesawatnya keCaisson berfungsi memberikan perlindungan kepada para pekerja dari tekanan air atau keruntuhan tanah pada waktu pengerjaan pondasi. Cara ini biasanya digunakan untuk membuat pondasi dermaga, jembatan, atau bangunan jenis lain. Caisson dapat dibuat dari kayu, pelat baja, atau beton bertulang.
Caisson digunakan bila, berdasarkan hasil survai, cara ini memberikan paling banyak kemudahan dalam pelaksanaan, atau bila konstruksi lain termasuk koferdam tidak dapat digunakan. Bagian bawah caisson yang terbuat dari baja, dan disebut tepi pemotong, merupakan pinggiran yang tajam dan tipis. Ketajaman bagian bawah caisson ini memudahkan gerakan caisson untuk turun ke dalam tanah. Umumnya, caisson dapat mencapai kedalaman 30 meter. Jenis ini berkembang di Inggris mulai tahun 1850-an. Caisson secara umum dapat dibagi menjadi tiga macam, caisson pompa, caisson terbuka, dan caisson terapung.
Caisson pompa merupakan pipa atau kotak yang bagian atasnya tertutup, tetapi bagian bawahnya terbuka. Setelah caisson terpasang, ke dalamnya dipompakan udara bertekanan tinggi untuk mencegah masuknya tanah dan air dari dasar. Caisson pompa ini digunakan untuk penggalian tanah yang tidak dapat dilakukan secara terbuka karena tempatnya berada di bawah permukaan air, atau kondisi tanahnya memiliki tekanan ke atas sehingga harus diseimbangkan. Kedalaman maksimum yang dapat dicapai adalah 37 meter, karena pada kedalaman itu dibutuhkan tekanan sebesar 52 psi atau sekitar 3,5 atmosfer, yang merupakan batas daya tahan tubuh manusia. Pekerja memasuki caisson melalui pintu bersekat-sekat, agar penyesuaian tekanan udara dapat dilakukan secara bertahap. Perubahan tekanan udara yang mendadak dapat membahayakan keselamatan manusia.
Caisson terbuka bagian atas dan bawahnya terbuka, atau merupakan pipa berdinding tebal yang ditancapkan ke dalam tanah. Jenis ini banyak dipakai pada tanah yang hanya sedikit mengandung air. Caisson yang memiliki “tepi pemotong” bisa masuk ke dalam tanah karena beratnya sendiri atau dipukul dengan alat pemukul tiang pancang. Mesin keruk dan penyemprot udara bertekanan tinggi dipakai untuk menyingkirkan tanah yang ada di dalam caisson sampai kedalaman yang direncanakan. Setelah itu caisson diisi beton. Caisson terbuka selalu dibuat dari beton bertulang. Bila digunakan lempengan baja pun, umumnya ditambahkan beton di atasnya untuk menambah berat.
Caisson yang diborkan adalah jenis caisson terbuka yang berdiameter kecil, biasanya antara 0,6 sampai 3,5 meter. Jenis ini dapat mencapai kedalaman 45 meter. Karena berdiameter kecil penggalian biasanya dilakukan mesin bor. Sesudah itu, barulah lubangnya diisi dengan beton. Pada jenis ini, bagian dasarnya bisa diperluas sampai berdiameter 9 meter. Untuk tanah yang lengket umumnya digunakan bor ember yang dapat melubangi sekaligus mengeluarkah tanah.
Caisson terapung, atau caisson kotak, hanya terbuka pada bagian atasnya. Caisson jenis ini biasanya digunakan di tepi laut untuk membuat dermaga. Di tempat yang telah disiapkan oleh para pekerja, caisson yang terbuat dari lempengan baja atau beton bertulang ini dibebani dengan pasir, batu pecah, dan beton agar dapat tenggelam ke dalam air.

PENGERTIAN PENYAKIT CAISSON | ok-review | 4.5