PENGERTIAN PENGENDALIAN KUALITAS DAN LINGKARAN KULITA

By On Tuesday, January 21st, 2014 Categories : Ekonomi

QUALITY / KUALITAS adalah keseluruhan sifat dari suatu barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan-kebutuhan para pembeli atau para berlangganan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat produk, disain dan teknik pembuatan, penampilan dan daya tahan produk, semuanya adalah merupakan sifat-sifat yang penting dari “paket kualitas” yang pada akhirnya akan mempengaruhi langganan untuk membeli suatu produk, dan akan membelinya lagi di kemudian hari. Kualitas produk adalah suatu sumber penting pada PEMBEDAAN PRODUK (PRODUCT DIFFERENTIATION) yang memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk menciptakan loyalitas MEREK DAGANG (BRAND LOYALTY) dan KEUNGGULAN SAING (COMPETITIVE ADVANTAGE) atas pemasok-pemasok saingannya. Lihat QUALITY CONTROL.
QUALITY CIRCLE / LINGKARAN KULITAS adalah suatu lembaga kepegawaian yang bertemu secara periodik, biasanya di bawah bimbingan dari seorang pengawas, untuk membicarakan cara-cara untuk meningkatkan KUALITAS (QUALITY) dari produk-produk dan jasa-jasa organisasi. Lihat PRODUCTIVITY.
QUALITY CONTROL / PENGENDALIAN KUALITAS adalah suatu disiplin yang berkaitan dengan peningkatan KUALITAS (QUALITY) barang dan jasa yang diproduksi. Objek dari pengendalian kualitas adalah untuk mencegah komponen-komponen atau barang-barang jadi yang cacat untuk diproduksi, dan untuk mencapai tujuan ini digunakan berbagai macam alat. Teknik pengambilan sampel dan pengetesan statistik dapat digunakan untuk mengidentifikasi bahan- bahan dan produk-produk yang cacat. Batasan-batasan variabilitas statistik dapat digunakan untuk menjamin, misalnya, bahwa mesin-mesin dapat tetap digunakan untuk memproduksi barang. Lingkaran kualitas dapat digunakan untuk melibatkan kelompok-kelompok kerja dalam tugas penjaminan kualitas, dengan mengadakan diskusi tentang penyebab dari permasalahan-permasalahan kualitas, dan bagaimana para pekerja itu sendiri dapat mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Lihai PRODUCTIVITY, PRODUCT PERFORMANCE, PRODUCT DIFFERENTATION.

PENGERTIAN PENGENDALIAN KUALITAS DAN LINGKARAN KULITA | ok-review | 4.5