PENGERTIAN PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN

By On Thursday, October 31st, 2013 Categories : Ekonomi

Pengendalian Intern Penjualan
1. Adanya daftar pelanggan: nama, alamat, no. Telpon dll untuk memudahkan dalam pengecekan
2. Setiap penjualan unit kendaraan harus diminta surat pesanan kendaraan (sales order) dari pembeli kemudian dibuat daftar untuk setiap sales order yang masuk dari pelanggan baik yang masuk melalui sales counter maupun melalui salesman.
3. Setiap order pembelian dari pelanggan harus disetujui oleh bagian penjualan, sedangkan syarat kreditnya harus disetujui oleh pihak ACC atau bank, karena kebijakan penjualan secara kredit perusahaan bekerja sama dengan pihak ACC dan bank, jadi hanya pihak ACC dan bank yang dapat memberikan persetujuan kredit dari pelanggan.
4. Adanya pisah batas (cut off) yang jelas mengenai pengakuan penjualan dan bukti-bukti pendukung yang syah
5. Transaksi penjualan harus dicatat tepat waktu, akurat dan sesuai dengan point of sales serta dengan bukti-bukti pendukung yang syah.
6. Harga yang tercantum pada SPK, DO harus sesuai dengan daftar harga (price list) yang telah ditetapkan oleh manajemen, jika terjadi penyimpangan harga maka harus disetujui oleh pihak yang berwenang.
7. DO dan BSTKB harus disimpan ditempat yang aman dan disusun sesuai nomor pelanggan
8. Setiap faktur yang tercetak harus diadakan pencocokan antar faktur (DO) dengan yang ada pada sistem SAP baik tanggal pembuatannya, harga, type, jumlah, maupun nomor chasis kendaraan
9. Setiap faktur atau DO yang dicetak sebelum didistribusikan harus ditandatangani oleh petugas yang berwenang yaitu bagian kepala administrasi penjualan.
10. Setiap DO, BSTKB, faktur polisi harus bernomor urut sesuai dengan sistem SAP hal ini bertujuan untuk memudahkan bagian akuntansi dalam melakukan pengontrolan
11. DO atau faktur batal harus disimpan menjadi arsip untuk memudahkan dalam pemeriksaan
12. Nomor DO dan BSTKB tidak boleh tercetak dua kali
13. Harus ada pemisahan fungsi yang jelas antara bagian penjualan, keuangan, akuntansi dan bagian penyimpanan
14. Setiap pengiriman unit kendaraan harus berdasarkan pada DO maksudnya bahwa barang yang akan dikirim harus terlebih dahulu dilakukan pencocokan dengan DO mulai dari nama pelanggan, jumlah, harga, type, chasis kendaraan
15. Sistem informasi penjualan sudah meliputi budget penjualan yang ditetapkan setiap tahun oleh bagian Treasury and budget
16. Setiap bulan cabang harus membuat laporan penjualan untuk kemudian dikirim ke kantor pusat melalui e-mail dengan tujuan untuk memudahkan dalam memonitor kegiatan penjualan pada cabang, laporan penjualan cabang akan di follow up dan review.

PENGERTIAN PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN | ok-review | 4.5