PENGERTIAN PENGECER DAN SALURAN ECERAN

By On Wednesday, January 22nd, 2014 Categories : Ekonomi

RETAILER / PENGECER adalah suatu usaha yang menyediakan suatu produk tipe tertentu (seperti sebuah toko sepatu) atau suatu rangkaian produk yang luas (seperti TOKO SERBA ADA (DEPARTMENT STORE)) untuk dijual pada para konsumen. Para pengecer beroperasi pada ujung tombak dari suatu SALURAN DISTRIBUSI (DISTRIBUTION CHANNEL) untuk suatu produk atau produk-produk yang juga melibatkan para PRODUSEN (PRODUCERS) dan para PEDAGANG BESAR ( WHOLESAIJLRS).
Walaupun beberapa pengecer terlibat dalam persiapan dan pengepakan produk sebelum penjualan akhir (contoh, tukang daging), kebanyakan para pengecer melakukan penjualan barang-barang yang telah dibungkus dan barang-barang yang telah selesai. Pada awalnya di Inggris dan di negara-negara lain, para pengecer memainkan peranan yang “pasif’ dalam saluran distribusi, yang hanya memberikan suatu pelayanan penjualan yang menyenangkan atas produk-produk manufaktur (dalam banyak perdagangan, pada harga yang dikendalikan oleh pengusaha melalui PEMELIHARAAN HARGA JUAL KEMBALI (RESALE PRICE MAINTENANCE) (RJPM). Akan tetapi, dengan timbulnya pengecer JARINGAN TOKO (CHAIN STORE) yang luas (PASAR SWALAYAN (SUPERMARKETS), kelompok-kelompok “LAKUKAN OLF.H DIRIMU SENDIRI” (“DO IT YOUR SEII”) maka “keseimbangan kekuatan” dalam saluran tersebut telah beralih pada para pengecer. Para pengecer telah mampu menggunakan kemampuan MEMBELI DALAM JUMLAH BESAR (BULK BUYING) yang mereka miliki untuk mendapatkan potongan harga yang sangat berarti dari para produsen, dan dengan dihapuskannya r pin, telah memberikan para pengecer keleluasaan untuk memanfaatkan harga sebagai sebuah senjata persaingan (lihat DISCOUNT STORE). Lagi pula, kelompok-kelompok pengecer yang lebih besar telah mengembangkan MEREK DAGANG SENDIRI (OWN-LABEL’BRAND) secara luas dalam persaingan langsung dengan merek-merek para produsen, yang mana juga telah meningkatkan peluang bagi BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) mereka untuk bersaing dengan para pengecer yang lain.
Lihat SPECIALIST SHOP, MAIL ORDER.
RETAIL OUTLET / SALURAN ECERAN adalah suatu tempat atau fasilitas usaha untuk menjual produk kepada KONSUMEN (CONSUMERS). Sebuah saluran pengecer dapat merupakan sebuah TOKO (STORE) di mana pembeli melakukan pembelian atau dapat juga merupakan mesin PENJAJA OTOMATIS (AUTOMATIC VENDING) atau kios yang berkedudukan pada sebuah hotel atau restoran. Selain sarana penjualan secara geografis harus berlokasi pada tempat yang mudah dicapai oleh calon pembeli, penjualan eceran juga dapat dilakukan dengan cara pengantaran langsung atau melalui kantor pos ke rumah pembeli, misalnya penjualan dengan PEMESANAN MELALUI SURAT (MAIL ORDER).
Lihat RETAILER, DISTRIBUTION CHANNEL, EPOS, CHAIN STORE, DEPARTMENT STORE, DISCOUNT STORE, DO-IT YOUR SELF STORE, SPECIALIST SHOP, SUPERMARKET.

PENGERTIAN PENGECER DAN SALURAN ECERAN | ok-review | 4.5