PENGERTIAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

By On Wednesday, November 13th, 2013 Categories : Psikologi

Pada hakekatnya pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan yang sistematis terhadap sesuatu masalah yang dihadapi. Pendekatan yang sistematis itu menyangkut pengetahuan tentang hakekat daripada masalah yang dihadapi itu, pengumpulan fakta dan data yang relevan dengan masalah yang dihadapi analisa masalah dengan mempergunakan fakta dan data, mencari alternatif pemecahan, menganalisa setiap alternatif sehingga diketemukan alternatif yang paling rasional, dan penilaian daripada hasil yang dicapai sebagai akibat daripada keputusan yang diambil.
Pengertian diatas m enunjukkan dengan jelas bahwa dalam proses pengambilan keputusan tidak ada hal yang terjadi secara kebetulan dan pengambilan keputusan tidak dapat dilakukan secara “asal jadi” karena cara pendekatan kepada pengambilan keputusan harus didasarkan kepada sistematika tertentu, hakekat dari masalah itu harus terlebih dahulu diketahui dengan jelas. Perhatikan pula bahwa pengambilan keputusan adalah pemecahan dengan cara yang sebaik-baiknya. Tidak dapat dilakukan dengan hanya mencari “ilham” atau dengan intuisi, akan tetapi juga perlu didasarkan kepada fakta yang terkumpul dengan sistematis, terolah dengan baik dan tersimpan secara teratur sehingga fakta-fakta/data itu sungguh-sungguh dapat dipercaya dan masih bersifat up to date.Sistematika tertentu itu perlu didasarkan kepada :
1. Kemampuan organisasi dalam arti tersedianya sumber-sumber material yang dapat dipergunakan untuk melaksanakan keputusan yang diambil.
2. Tenaga kerja yang tersedia serta kualifikasinya untuk melaksanakan keputusan.
3. Filsafat yang dianut oleh organisasi.
4. Situasi lingkungan intern dan ekstern yang menurut perhitungan akan mempengaruhi roda administrasi dan management dalam organisasi.
Pengambilan keputusan yang dilakukan secara “asal jadi” karena tidak mempergunakan fakta dan data, maka akan dihadapkan pada berbagai masalah seperti:
1. Tidak tepatnya keputusan karena kesimpulan yang diperoleh dari fakta-fakta dan/atau data-data yang tidak up to date dan tidak dapat dipercaya
2. Tidak terlaksananya keputusan Karena tidak sesuai dengan kemampuan organisasi untuk melaksanakannya, baik ditinjau dari segi manusia, uang dan material.

PENGERTIAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN | ok-review | 4.5