PENGERTIAN PENGAMBILALIHAN ATAU AKUISISI

By On Thursday, January 23rd, 2014 Categories : Ekonomi

TAKEOVER OR ACQUISITION / PENGAMBILALIHAN ATAU AKUISISI adalah pengambilalihan oleh suatu perusahaan oleh perusahaan lain. Tidak seperti PENGGABUNGAN (MERCER), yang biasanya diatur berdasarkan persetujuan bersama antara perusahaan-perusahaan yang terlibat, maka pengambilalihan biasanya melibatkan satu perusahaan menyusun suatu TAWARAN PENGAMBIL ALIH AN ( TAKEOVER BID) tanpa persetujuan dari manajemen perusahaan yang akan diambil alih. Akuisisi ini terjadi apabila sebuah perusahaan membeli 50% atau lebih saham-saham yang mempunyai hak suara dari perusahaan- perusahaan lain, sehingga mempunyai hak pengendalian efektif atas perusahaan tersebut, walaupun biasanya perusahaan yang akan mengambil alih berkeinginan untuk membeli seluruh saham perusahaan lain tersebut.
Tiga kategori utama dari pengambilalihan dapat diidentifikasi, yaitu (a) pengambilalihan horizontal, yang melibatkan perusahaan-perusahaan yang merupakan pesaing-pesaing langsung dalam pasar yang sama; (b) pengambilalihan vertikal, yang melibatkan perusahaan-perusahaan yang berada dalam sebuah hubungan pemasok dan langganan; (c) pengambilalihan konglomerat, yang melibatkan perusahaan-perusahaan yang beroperasi dalam pasar-pasar yang tidak ada hubungannya satu sama lain, dalam rangka diversifikasi aktivitas perusahaan.
Dari sudut pandang perusahaan, suatu pengambilalihan dapat bermanfaat, karena memungkinkan perusahaan tersebut untuk menurunkan biaya-biaya produksi dan distribusi, memperoleh nama MEREK DAGANG (BRAND), memperluas aktifitasnya yang ada atau berpindah pada bidang- bidang yang baru, atau menghilangkan persaingan dan meningkatkan kekuatan pasarnya. Dari sudut pandang yang lebih luas terhadap dampaknya pada pelaksanaan proses pasar, maka pengambilalihan mungkin, pada satu sisi, dapat meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya, atau pada sisi lain, dengan menurunnya persaingan akan mengakibatkan suatu pengalokasian sumber-sumber daya yang kurang efisien. Singkatnya, pengambilalihan dapat memberikan keuntungan maupun kerugian secara bersamaan, (lihat MERGER untuk diskusi lebih jauh). Di Inggris, pengambilalihan yang menciptakan atau memperluas pangsa pasar suatu perusahaan atas suatu produk tertentu lebih dari 25%, atau di mana nilai aktiva yang diperoleh atau dikuasai di atas £ 30 juta, dapat diserahkan pada KOMISI MONOPOLI DAN PENGGABUNGAN (MONOPOLIES AND MERGERS COMMISSION) untuk menetapkan apakah pengambilalihan tersebut berada dalam kepentingan masyarakat atau tidak. Lihat juga ASSET STRIPPER, COMPETITION POLICY, OFFICE OF FAIR TRADINC, WILLIAMSON TRADE – OFF MODEL, HORIZONTAL INTEGRATION, VERTICAL INTEGRATION, DIVERSIFICATION. CITY CODE, MARKET ENTRY.

PENGERTIAN PENGAMBILALIHAN ATAU AKUISISI | ok-review | 4.5