PENGERTIAN PENETRASI IMPOR DAN BEA IMPOR

By On Tuesday, December 17th, 2013 Categories : Ekonomi

IMPORT DUTY / BEA IMPOR adalah PAJAK (TAX) yang dikenakan oleh pemerintah atas produk yang diimpor (lihat IMPORT). Bea impor dipakai untuk mengumpulkan penerimaan pemerintah dan sebagai alat untuk melindungi industri dalam negeri dari persaingan luar negeri. Lihat TAR¬IFF, IMPORT RESTRICTIONS PROTECTIONISM.
IMPORT PENETRATION / PENETRASI IMPOR adalah suatu peningkatan proporsi konsumsi dalam negeri yang diakibatkan oleh kenaikan IMPOR (IMPORTS) . Dalam kasus tertentu penggantian penawaran domestik oleh impor dapat menguntungkan sepanjang hal itu menggambarkan KEUNTUNGAN KOMPARATIF (COMPARATIVE ADVANTAGE) (impor lebih murah daripada barang domestik). Namun demikian penetrasi impor yang meluas secara menyeluruh dalam perekonomian yang tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah EKSPOR (EXPORTS) , dapat mengakibatkan kesulitan dalam neraca pembayaran dan menurunnya tingkat pendapatan dan output.
Persentase dari konsumsi domestik
1995 7
1965 9
1975 16
1991 37
Untuk kasus Inggris, penetrasi impor di sektor manufaktur telah meningkat cukup tinggi mulai periode tahun 1955. Lihat PROPENSITY TO IMPORT, DEINDUTRIALIZATION.

PENGERTIAN PENETRASI IMPOR DAN BEA IMPOR | ok-review | 4.5