PENGERTIAN PENETAPAN HARGA ATAS DASAR BIAYA MARJINAL

By On Thursday, December 12th, 2013 Categories : Ekonomi

MARGINAL-COST PRICING / PENETAPAN HARGA ATAS DASAR BIAYA MARJINAL adalah penetapan HARGA (PRICE) sebuah produk yang didasarkan atas BIAYA MARJINAL (MARGINAL COST) yang dikeluarkan dalam memproduksi dan mendistribusikan produk tersebut.
1. metode penetapan harga sebuah produk yang didasarkan pada KONTRIBUSI (CONTRIBUTION) (yaitu, harga dikurangi BIAYA VARIABEL (VARIABLE COST) per unit atau biaya marjinal) yang dibutuhkan untuk mencapai posisi TITIK IMPAS (BREAK-EVEN) atau mencapai tingkat LABA (PROFIT) yang ditargetkan sebelumnya. Bila kontribusi per unit dikalikan dengan volume penjualan/produksi akan menghasilkan kontribusi total dan kontribusi ini harus cukup untuk menutup BIAYA-BIAYA TETAP (FIXED COSTS) (untuk menutup titik impas) atau menutup baik biaya-biaya tetap maupun target laba. Untuk menghitung harga penjualan kita perlu menambahkan kontribusi per unit pada biaya variabel atau biaya maijinal. Walaupun metode penetapan harga ini didasarkan pada biaya, dalam praktek para manajer juga mempertimbangkan permintaan dan persaingan dengan mengubah-ubah target kontribusi per unit. Bandingkan dengan PENETAPAN HARGA ATAS DASAR BIAYA PENUH (FULL-COST PRICING).
2. prinsip penetapan harga yang menyatakan bahwa penetapan harga sama dengan biaya marjinal produksi dan distribusi, dengan tidak mempertimbangkan apakah biaya tetap tertutup dari pendapatan atau tidak. Prinsip ini dianjurkan untuk dipakai sebagai sebuah pedoman pada kebijakan penetapan harga dan output SARANA UMUM (PUBLIC VTHJTIES) atas dasar bahwa harga-harga yang mencerminakan biaya marjinal atas diproduksinya satu unit output tambahan secara sosial lebih diinginkan oleh masyarakat. Prinsip ini khususnya akan menarik apabila digunakan untuk sarana umum di mana biaya marjinal secara efektif sama dengan nol, seperti taman, jembatan, dan museum, karena di sini masyarakat lebih beruntung dengan diturunkannya harga fasilitas-fasilitas tersebut hingga dapat digunakan sepenuhnya.
Bagaimanapun juga, prinsip penetapan harga atas dasar biaya marjinal berkaitan hanya dengan masalah menghasilkan suatu output dan harga optimum dalam jangka pendek dengan kapasitas yang tersedia dan mengabaikan masalah jangka panjang dari investasi dengan kapasitas baru yang ideal. Lihat juga AVERAGE-COST PRICING, TWO-PART TARIFF.

PENGERTIAN PENETAPAN HARGA ATAS DASAR BIAYA MARJINAL | ok-review | 4.5