PENGERTIAN PENCIPTAAN PERDAGANGAN

By On Friday, January 24th, 2014 Categories : Ekonomi

TRADE CREATION / PENCIPTAAN PERDAGANGAN adalah suatu peningkatan dalam PERDAGANGAN INTERNASIONAL (INTERNATIONAL TRADE) (dan kesejahteraan ekonomi) sebagai hasil dari pengurangan atau penghapusan hambatan-hambatan perdagangan seperti TARIF (TARIFES) dan KUOTA (QUOTA). Pemotongan tarif dan lain sebagainya mungkin dianjurkan oleh suatu negara melalui pembentukan suatu SERIKAT PABEAN (CUSTOMS UNION) atau WILAYAH PERDAGANGAN BEBAS (FREE TRADE AREA), atau yang lebih umum melalui negosiasi internasional (lihat GENERAL AGREEMENT ON TARIFFS AND TRADE).
Dampak penciptaan perdagangan dari suatu pemotongan tarif diilustrasikan untuk lebih menyederhanakannya, dibatasi hanya untuk sebuah negara (A) dan satu jenis produk. DD dan SS adalah kurva permintaan dan penawaran dalam negeri terhadap produk pada negara A. W adalah harga penawaran dunia dari produk tersebut. Pada awalnya negara A membebankan suatu tarif impor untuk produk tersebut, sehingga meningkatkan harganya dalam pasar dalam negeri menjadi Wt. Pada harga Wt, produksi dalam negeri diperlihatkan oleh OP, konsumsi dalam negeri adalah OC. dan impor adalah PC.
Penghapusan tarif yang dibebankan tersebut akan menurunkan harga produk tersebut dalam pasar dalam negeri ke tingkat W. Pada harga W, impor meningkat ke P]Cj, produksi dalam negeri turun ke OPj, dan konsumsi dalam negeri meningkat ke OCj_. Pasar dalam negeri mendapatkan suatu peningkatan dalam kesejahteraan ekonomi dan perluasan perdagangan yang ditunjukkan oleh dua segi tiga, yaitu segi tiga XYZ dan RST. Segi tiga XYZ merupakan “keuntungan produksi” sebagai hasil dari pengalokasian kembali masukan-masukan faktor yang digunakan lebih efisien, dan segi tiga RST merupakan “keuntungan konsumsi” yang dihasilkan dari harga-harga yang lebih rendah pada konsumen.
Lihat TRADE DIVISION, GAINS FROM TRADE.

PENGERTIAN PENCIPTAAN PERDAGANGAN | ok-review | 4.5