PENGERTIAN PENARIKAN ATAU KEBOCORAN

By On Friday, January 24th, 2014 Categories : Ekonomi

WITHDRAWALS OR LEAKAGES / PENARIKAN ATAU KEBOCORAN adalah bagian dari PENDAPATAN NASIONAL (NATIONAL INCOMII) yang tidak dibelanjakan oleh rumah tangga untuk KONSUMSI (CONSUMPTION) barang-barang dan jasa-jasa yang diproduksi di dalam negeri. Dalam MODEL DASAR ARUS MELINGKAR PENDAPATAN NASIONAL (CIRCULAR FLOW OFNATIONAL INCOME MODEL), semua pendapatan yang diterima oleh rumah tangga dibelanjakan untuk konsumsi sekarang. Dalam model arus melingkar pendapatan yang diperluas, maka sebagian dari pendapatan yang diterima oleh rumah tangga ditabung, sebagian digunakan untuk membayar pajak dan sebagian dibelanjakan untuk barang dan jasa yang diimpor. Oleh karena itu, TABUNGAN (SAVINGS), PAJAK (TAXATION) dan IMPOR (IMPORTS) merupakan penarikan atau “kebocoran” arus pembelanjaan pendapatan. Bandingkan dengan INJECTIONS. Lihat juga PROPENSITY TO SAVE, PROPENSITY TO TAXATION, PROPENSITY TO IMPORT, work [pekerjaan] Lihat JOB.
WORKABLE COMPETITION / PERSAINGAN YANG DAPAT DILAKSANAKAN adalah Spesifikasi standar dari STRUKTUR PASAR (MARKET STRUCTURE) dan SIFAT-SIFAT PASAR (MARKET CONDUCT) yang mungkin menghasilkan suatu KINERJA PASAR (MARKET PERFOR¬MANCE) yang “dapat diterima”. Menunjukkan suatu daftar klasifikasi tersebut.
Definisi dari persaingan yang dapat dilaksanakan mencerminkan suatu usaha untuk memberi dasar panduan yang lebih berguna dalam menerapkan KEBIJAKAN PERSAINGAN (COMPETITION POUCY) kepada pasar dunia yang sesungguhnya dibandingkan dengan apa yang dapat disimpulkan dari teori ideal tentang PERSAINGAN SEMPURNA (PERFECT COMPETITION). Walaupun demikian, terdapat kesulitan-kesulitan operasional yang penting dalam menetapkan norma-norma yang dapat diterima, misalnya: apa yang dimaksud dengan sejumlah perusahaan-perusahaan yang “cukup besar”?, berapa tingkat laba yang “adil”?
Lihat juga MARKET STRUCTURE-CONDUCT-PERFORMANCE SCHEMA, CONTESTABLE MARKET, PUBLIC INTEREST, THEORY OF MARKETS, MONOPOLY.

PENGERTIAN PENARIKAN ATAU KEBOCORAN | ok-review | 4.5