PENGERTIAN PEMBELIAN/PENJUALAN SAHAM

By On Thursday, January 23rd, 2014 Categories : Ekonomi

SHARE PURCHASE/SALE ATAU PEMBELIAN / PENJUALAN SAHAM adalah proses membeli dan menjual SAHAM (SHARES) pada BURSA EFEK (STOCK EXCHANGE) . Hal ini melibatkan beberapa langkah.
Pertama, pembeli/penjual mendekati PIALANG SAHAM (STOCKBROKER) atau BANK KOMERSIAL (COMMERCIAL BANK) dan menginstruksikan kepada mereka untuk membeli atau menjual sejumlah saham perusahaan tertentu. Pialang saham atau bank kemudian akan mengambil alih tugas tersebut dan mereka ini akan dibayar atas jasajasanya dalam bentuk komisi.
Kedua, pialang saham atau bank mendekati PENCIPTA PASAR (MARKET MAKER) untuk membeli atau menjual saham sesuai instruksi. Pencipta pasar ini memegang persediaan saham dari perusahaan-perusahaan tertentu sesuai keahlian/spesialisasinya. Pencipta pasar menetapkan dua harga pada pialang saham atau bank: harga ‘PENAWARAN’ (‘B/D’) yang lebih rendah di mana pencipta pasar bersedia membeli saham-saham tersebut, dan harga ‘PENAWARAN’ (‘OFFER’) yang lebih tinggi di mana pencipta pasar bersedia menjual saham-saham tersebut. PERBEDAAN (‘SPREAD’) antara harga tersebut adalah marjin laba bagi pencipta pasar. Dalam menetapkan kedua harga tersebut, pencipta pasar tidak mengetahui apakah pihak pialang saham bermaksud membeli atau menjual saham. Pialang saham hanya akan memberi tahu bahwa ia akan membeli atau menjual dan menutup transaksi ini bila ia mengetahui harga pencipta pasar tersebut bersaing dibandingkan dengan pencipta-pencipta pasar lain. Pada tahap ini dalam ‘tawar menawar’ telah dicapai kesepakatan dan hak-hak hukum berkenaan dengan saham telah dialihkan ke pembeli.
Akhirnya, dalam rangka mencatat perpindahan kepemilikan saham-saham kepada pembeli, pencipta pasar akan memberi tahu pihak PENCATAT PERUSAHAAN (COMPANY REGISTRAR) yang sahamnya telah dibeli. Pencatat ini akan mengubah daftar sahamnya dan mengeluarkan sertifikat saham yang baru untuk pembeli dan membatalkan sertifikat saham yang dipegang oleh penjual.

PENGERTIAN PEMBELIAN/PENJUALAN SAHAM | ok-review | 4.5