PENGERTIAN PEMBEDAAN PRODUK

By On Tuesday, January 21st, 2014 Categories : Ekonomi

PRODUCT DIFFERENTIATION / PEMBEDAAN PRODUK adalah suatu elemen dari PERILAKU PASAR (MARKET CONDUCT) yang berusaha membedakan produk mereka sendiri dengan produk-produk pesaing. Difei cnsiasi produk adalah suatu bentuk persaingan bukan harga {lihat MARKET COMPETITION). Pada “sisi penawaran” suatu produk dapat dibedakan menurut perbedaan-perbedaan kualitas, penampilan, karakteristik penemuan baru, disain, model, dan pengepakan. Pada “sisi permintaan”, perbedaan-perbedaan “imajiner” dapat diciptakan antara produk yang bersaing dengan menggunakan IKLAN (ADVERTISING) yang menekankan kualitas-kualitas yang subyektif, seperti: “lebih baik dari”, “lebih bersih dan lebih putih dari”, dan lain sebaginya. Para pembeli yang tidak perduli akan kualitas relatif dan penampilan dari merek-merek dagang yang bersaing dapat dipengaruhi dengan iklan. Tujuan dari kegiatan diferensiasi ini adalah untuk mendapatkan suatu permintaan awal atas produk-produk perusahaan dan dengan menggunakan LOYALITAS MEREK DAGANG (BRAND LOYALJTIES) untuk meyakinkan bahwa penjualan telah meningkat atau setidak-tidaknya dapat dipertahankan, Signifikasi dari pembedaan produk adalah meluasnya parameter-parameter persaingan, di mana perusahaan-perusahaan bersaing satu dengan yang lain dalam kualitas, iklan, dan lain sebagainya, bukan bersaing dalam harga.
Pembedaan produk merupakan suatu alat yang penting dalam mengembangkan KEUNGGULAN BERSAING (COMPETITIVE ADVANTAGE) terhadap para pemasok pesaing, dan dalam beberapa struktur pasar, khususnya OLIGOPOLI (OUGOPOLY) pembedaan produk dianggap merupakan suatu strategi persaingan yang lebih efektif dibandingkan dengan persaingan harga. Daya tarik dari persaingan ini dibandingkan dengan persaingan harga terletak pada kenyataan bahwa suatu pemotongan harga misalnya, dapat dengan segera diikuti oleh para pesaing, sementara suatu iklan yang sukses atau pengenalan dari suatu produk inovatif tidak terlalu mudah untuk ditiru. Persaingan harga akan menurunkan kemampuan perusahaan untuk memperoleh laba, sedangkan pembedaan produk cenderung menyelamatkan dan bahkan meningkatkan perolehan laba. Pengembangan keunikan produk dapat memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk mempunyai premi harga di atas penawaran para pesaing. Dan pada akhirnya, pembedaan produk dapat bertindak sebagai suatu HAMBATAN UNTUK MASUK (BARRJER TO ENTRY), yang melindungi pangsa pasar yang sudah ada terhadap persaingan baru.
Walaupun pembedaan produk sering dianggap sebagai suatu bentuk dari “ketidaksempurnaan pasar”, hal ini tidak seharusnya ditafsirkan bahawa heterogenitas adalah tidak baik. Perbedaan-perbedaan yang nyata di antara produk-produk, pada khususnya, mencerminkan keanekaragaman yang besar dan pilihan yang lebih banyak bagi para konsumen.
Lihat juga MARKET-MIX, PRODUCT CHARACTERISTICS MODEL, MONOPOLISTIC COMPETITION, OLIGOPOLY, HOMOGENEOUS PRODUCTS, MARKET STRUCTURE, PRODUCT DEVELOPMENT, RESEARCH AND DEVELOPMENT, COMPETITION METHODS, INTELLECTUAL PROPERTY RIGHTS.

PENGERTIAN PEMBEDAAN PRODUK | ok-review | 4.5