PENGERTIAN PEMBAYARAN VIA CEK

By On Monday, November 18th, 2013 Categories : Ekonomi

CEK, dari bahasa Perancis cheque, suatu bentuk surat berharga yang berfungsi sebagai alat pembayaran pengganti uang atau alat pembayaran giral. Pada cek tercantum perintah kepada bank agar membayarkan uang sejumlah yang tertera pada cek kepada pembawa, atau orang yang namanya tersebut dalam cek.
Untuk dapat menggunakan cek sebagai alat pembayaran, seseorang (pribadi atau perorangan) atau badan, harus mempunyai titipan uang dalam bentuk rekening bank. Kemudian bank yang bersangkutan akan menerbitkan buku cek yang berisi beberapa puluh lembar blanko cek, lengkap dengan nomor cek dan nomor rekening nasabah yang bersangkutan. Cek dianggap resmi menjadi alat pembayaran setelah blanko cek diisi dengan tanggal, nama yang berhak menerima pembayaran (bisa juga dikosongkan), jumlah yang hendak dibayarkan, serta tanda tangan dan/atau stempel resmi nasabah yang memiliki rekening bank.
Ada beberapa macam cek yang umum digunakan dalam pembayaran secara giral, yaitu:
1. Cek Atas Unjuk. Bank akan membayarkan kepada siapa saja yang membawa, menunjukkan, atau menguangkan cek kepada bank;
2. Cek Atas Nama. Bank akan membayar hanya kepada orang atau badan yang namanya tertera pada cek itu.
3. Cek Silang atau Cross Cheques adalah cek yang di atasnya dibubuhi tanda silang untuk memberitahukan kepada bank yang bersangkutan, bahwa cek ini tidak dapat langsung diuangkan. Jumlah uang yang tertera dalam cek silang hanya dapat disetorkan ke rekening milik orang atau badan, yang namanya tercantum pada cek tersebut.
4. Cek Mundur adalah cek yang tanggal pengeluarannya diundurkan dengan tujuan agar berlaku lebih lama dari 70 hari.
5. Cek Kosong adalah cek yang dikeluarkan tanpa dukungan dana dalam rekening bank. Cek kosong sering digunakan dengan iktikad buruk, yaitu untuk menipu.
6. Cek Perjalanan atau Traveller’s Cheques adalah cek yang biasa digunakan orang sebagai alat pembayaran dalam perjalanan ke luar negeri.

PENGERTIAN PEMBAYARAN VIA CEK | ok-review | 4.5