PENGERTIAN PAY / PEMBAYARAN

By On Thursday, January 9th, 2014 Categories : Ekonomi

PAY / PEMBAYARAN adalah uang yang dibayarkan pada seorang pegawai untuk dilaksanakannya tugas atau pekeijaan tertentu. Pembayaran pada para pegawai atas tenaga yang mereka berikan mempunyai dua bentuk utama
(a) Pembayaran berdasarkan waktu, terutama UPAH (WAGES) mingguan, JAM LEMBUR (OVERTIME) bersama-sama dengan GAJI (SALARIES) bulanan.
(b) Pembayaran berdasarkan hasil, terutama PEMBAYARAN PER SATUAN KERJA (PIECEWORK PAYMENTS), bonus (lihat BONUS SCHEME) dan PEMBAYARAN YANG DIDASARKAN PADA LABA (PROFIT-RELATED DAY). Perbedaan utama antara kedua sistem pembayaran tersebut di atas adalah bahwa sistem “pembayaran berdasarkan waktu” membayar para pekeija sebesar tenaga kerja yang ditawarkan (yaitu masukan tenaga kerja) per periode waktu (per jam, per minggu dan seterusnya), terlepas dari berapa besarnya output yang dihasilkan; sementara sistem “pembayaran perdasarkan hasil” membayar para pekerja khususnya untuk jumlah atau nilai output yang diproduksi dalam suatu periode waktrf tertentu. “Pembayaran berdasarkan hasil” disenangi oleh banyak perusahaan karena dianggap sistem ini memberikan insentif keuangan yang kuat bagi para pekerja untuk bekerja keras dalam memaksimaiisasi output mereka daripada hanya bekerja dengan lebih santai, akan tetapi dengan cara ini perusahaan dituntut untuk menjalankan suatu sistem pengawasan yang tepat untuk menjamin bahwa output tambahan dicapai dengan tidak mengorbankan kualitas dan daya tahan produk.
Tarif pembayaran ditentukan oleh sejumlah faktor-faktor termasuk kekuatan permintaan dan penawaran untuk jenis pekerjaan tertentu di PASAR TENAGA KERJA (LABOUR MARKET) (lihat WAGE RATE), kekuatan pengaruh SERIKAT PEKERJA (TRADE UNION) (lihat COLLECTIVE BARGAINING), dan iklim perekonomian secara umum (lihat, PRICES AND INCOMES POLICY). Sebagai tambahan dalam penerimaan uang, para pegawai mungkin juga menerima berbagai keuntungan lain dalam kaitannya dengan pekerjaan yaitu seperti makanan yang diperoleh tanpa membayar, tunjangan perjalanan, mobil perusahaan, dan lain sebagainya. (lihatFRINGE BENEFITS) . Lihat EMPLOYEE SHARE OWNERSHIP, PROFIT SHARING.

PENGERTIAN PAY / PEMBAYARAN | ok-review | 4.5