PENGERTIAN PASAR PENJUAL

By On Thursday, January 23rd, 2014 Categories : Ekonomi

SELLER CONCENTRATION / PEMUSATAN PENJUAL adalah suatu elemen dari STRUKTUR PASAR (MARKET STRUCTURE) yang menunjukkan jumlah dan ukuran distribusi dari para pemasok dalam suatu PASAR (MARKET) tertentu. Teori pasar meramalkan bahwa KINERJA PASAR (MARKET PERFORMANCE) akan berbeda apabila terdapat jumlah pemasok yang besar dalam pasar, di mana masing-masing pemasok hanya menawarkan sebagian kecil dari total penawaran (PERSAINGAN SEMPURNA (PERFECT COMPETITION) ), atau hanya terdapat sedikit pemasok sehingga masing-masing pemasok memberikan kontribusi yang besar pada total penawaran (OLIGOPOLI (OLIGOPOLY)), atau hanya terdapat seorang pemasok (MONOPOLI (MONOPOLY)). Lihat juga CONCENTRATION MEASURES, MARKET CONCENTRATION, BUYER CON-CENTRATION.
SELLER’S MARKET / PASAR PENJUAL adalah suatu situasi pasar JANGKA PENDEK (SHORT) di mana terdapat KELEBIHAN PERMINTAAN (EXCESS DEMAND) untuk barang-barang dan jasa pada harga yang berlaku sehingga memaksa harga naik untuk keuntungan penjual. Bandingkan dengan BUYER’S MARKET.
SELLING COSTS / BIAYA-BIAYA PENJUALAN adalah pengeluaran yang dilakukan oleh para pemasok dalam menciptakan dan mempertahankan suatu permintaan untuk produk-produk mereka. Biaya penjualan mencakup pengeluaran IKLAN (ADVERTISING); pengepakan dan model; gaji, komisi dan biaya perjalanan dari tenaga penjual; biaya toko dan ruang pameran. Lihat juga PRODUCT DIFFERENTIATION, DISTRIBUTIVE EFFICIENCY.

PENGERTIAN PASAR PENJUAL | ok-review | 4.5