PENGERTIAN PASAR BERSAMA

By On Friday, December 6th, 2013 Categories : Ekonomi

COMMON MARKET / PASAR BERSAMA adalah salah satu bentuk INTEGRASI PERDAGANGAN (TRADE INTEGRATION) antara sejumlah negara untuk menghilangkan semua hambatan-hambatan perdagangan (TARIF (TARIFFS), dan lain sebagainya) barang dan jasa di antara mereka dan membentuk serangkaian hambatan vang seragam terhadap dunia lainnya, khususnya dengan tarif’ eksternal yang seragam (lihat CUSTOMS UNION). Di samping itu pasar bersama memberikan kebebasan perpindahan tenaga kerja dan modal antar negara anggota. Tujuan dari pasar bersama adalah untuk menjamin keuntungan dari SPESIALISASI (SPECIALIZATION) international, sehingga meningkatkan standar hidup dari negara-negara anggota.
Dalam jangka pendek dan menengah pengaruh pembentukan suatu pasar bersama adalah terutama meningkatnya perdagangan antara negara anggota, PENCIPTAAN HUBUNGAN DAGANG (TRADE CREATION) biasanya berkaitan / dengan pengalokasian kembali sumber daya yang menguntungkan dalam ff penentuan lokasi yang paling murah dan penurunan harga sebagai akibat penghapusan tarif dan biaya produksi yang rendah (lihat GAINS FROM TRADE). Sebagai tambahan, pasar bersama diharapkan dapat meningkatkan efisiensi yang lebih baik dalam jangka panjang melalui:
(a) PERSAINGAN ( COMPETITION) . Dengan menghilangkan tarif, diharapkan tersedia area yang lebih luas bagi persaingan yang efektif; biaya tinggi produksi dihilangkan, sementara pemasok yang efisien dan progresif dapat mengeksploitasi kesempatan pasar yang baru.
(b) SKALA EKONOMIS (.ECONOMIES OF SCALE) . Pasar dalam negeri yang luas memungkinkan perusahaan untuk mengambil keuntungan skala ekonomis yang luas atas kegiatan produksi dan distribusi, sehingga menurunkan biaya produksi dan meningkatkan KEUNGGULAN KOMPARATIF (COMPARATIVE ADVANTAGE) .
(c) PENGEMBANGAN TEKNOLOGI (TECHNOLOGICAL PROGRESSIVENESS). Kesempatan pasar yang semakin luas dan adanya persaingan yang lebih besar diharapkan dapat merangsang perusahaan melakukan investasi dan pengembangan teknik dan produk baru.
(d) INVESTASI dan PERTUMBUHAN EKONOMI (INVESTMENT and ECONOMIC GROWTH) . Akhirnya, kombinasi peningkatan pendapatan per kapita, pertumbuhan perdagangan, meningkatnya efisiensi produksi dan investasi diharapkan dapat saling berkombinasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan standar hidup yang lebih baik.

PENGERTIAN PASAR BERSAMA | ok-review | 4.5