PENGERTIAN PAJAK TIDAK LANGSUNG

By On Thursday, December 19th, 2013 Categories : Ekonomi

INDIRECT TAX / PAJAK TIDAK LANGSUNG adalah suatu PAJAK (TAX) yang dibebankan oleh pemerintah atas barang dan jasa untuk mendapatkan penerimaan, dan sebagai instrumen KEBIJAKAN FISKAL (FISCAL POLICY). Contoh dari pajak tidak langsung adalah PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (VALUEADDFJD TAX) dan PAJAK BEA (EXCISE DUTY).
Perubahan dari pajak tidak langsung dapat dipakai sebagai bagian dari kebijakan fiskal untuk mengatur tingkat PERMINTAAN AGREGAT (AGGREGATE DEMAND), peningkatan pajak mengakibatkan menurunnya pendapatan disposibel yang disediakan untuk pengeluaran konsumsi, sementara penurunan pajak akan meningkatkan pendapatan disposibel. Pajak tidak langsung dapat dipakai untuk mempengaruhi kondisi dan tingkat permintaan, peningkatan pajak tidak langsung akan mengurangi konsumsi yang tidak disenangi sebagian besar masyarakat seperti rokok dan minuman alkohol, sementara penurunan pajak tidak langsung akan mendorong konsumsi yang disenangi masyarakat seperti bahan makanan dan buku-buku.
Berbeda dengan PAJAK LANGSUNG (DIRECT TAX) yang bervariasi berdasarkan pendapatan dari pembayaran pajak (PAJAK PROGRESIF (PROGRESSIVE TAXATION)), pajak tidak langsung adalah regresif, sepanjang jumlah yang sama dibayarkan oleh setiap pembayaran pajak tanpa melihat besar pendapatan mereka. Lihat TAXATION, REGRESSIVE TAXATION, INCIDENCE OF TAXATION.

PENGERTIAN PAJAK TIDAK LANGSUNG | ok-review | 4.5