PENGERTIAN PAJAK REGRESIF

By On Wednesday, January 22nd, 2014 Categories : Ekonomi

REGRESSIVE TAXATION / PAJAK REGRESIF adalah suatu struktur PERPAJAKAN (TAXATION) di mana pajak dibebankan atas dasar suatu tarif yang menurun sejalan dengan meningkatnya PENDAPATAN (INCOME). Bentuk perpajakan ini memungut suatu proporsi pajak yang lebih besar dari wajib pajak yang berpenghasilan rendah dibandingkan dengan wajib pajak yang berpenghasilan yang tinggi. PAJAK TIDAK LANGSUNG (INDIRECT TAXES) seperti pajak pertambahan nilai atau bea dan cukai menjadi regresif ketika dipungut sebagai suatu proporsi dari total pendapatan bersih. Contoh, apabila suatu benda berharga £ 100 dan pajak nilai tambahnya sebesar 15%, maka £ 15 untuk orang yang berpenghasilan bersih £ 200 per minggu (7 1/2%) adalah lebih besar dibandingkan dengan £15 untuk orang lain yang berpenghasilan bersih sebesar £ 600 per minggu (2 1/2%). Beban perpajakan secara / proporsional adalah lebih besar bagi anggota masyarakat yang ^ berpenghasilan kurang atau rendah dan tidak dapat dianggap sebagai suatu pajak yang wajar atau adil. Bandingkan dengan PROGRESSIVE TAXATION,
PROPORTIONAL TAXATION. Lihat juga ABILITY-TO-PAY PRINCIPLE OF TAXATION, INCIDENCE OF TAXATION, REDISTRIBUTION-OF-INCOME PRICIPLE OF TAXATION.
REGULATION / PERATURAN adalah pengendalian kegiatan-kegiatan perekonomian yang dilakukan oleh pemerintah atau lembaga pengatur yang lain seperti asosiasi perdagangan dan industri. Peraturan dapat mencakup PENGENDALIAN HARGA (PRICE CONTROLS) untuk mengatur inflasi; PENGENDALIAN MATA UANG ASING (EOREIGN EXCHANGE CONTROLS) untuk mengatur arus uang; dan KEBIJAKAN PERSAINGAN (COMPETITIONPOUCY) untuk mengatur pengoperasian pasar-pasar tertentu. Peraturan yang lebih khusus mungkin dikenakan pada kegiatan- kegiatan atau industri-industri individual, seperti pengendalian harga SARANA UMUM (PUBLIC UTILITIES) yang dimiliki oleh swasta (contoh: Oftel, yang mengatur harga-harga telekomunikasi di Inggris), dan pengaturan lembaga-lembaga keuangan oleh Bank Sentral Inggris dan Badan Investasi dan Surat-surat Berharga. Lihat DEREGULATION.

PENGERTIAN PAJAK REGRESIF | ok-review | 4.5