PENGERTIAN NEGOSIASI KOLEKTIF

By On Friday, December 6th, 2013 Categories : Ekonomi

COIN / KOIN adalah uang (CURRENCY) logam sebagai bagian dari PERSEDIAAN UANG (MONEY SUPPLY) di suatu negara. Beberapa jenis logam telah digunakan untuk tujuan ini. Sebelumnya emas dan perak adalah yang umum dipergunakan, tetapi sekarang telah diganti dengan tembaga, kuningan dan nikel di hampir semua negara. Sebagai bagian dari persediaan uang, koin biasanva mempunyai nilai yang kecil dari uang kertas. Lihat MINT, LEGAL TENDER.
COLLATERAL SECURITY / JAMINAN adalah ASET (ASSETS) yang menjadi jaminan atas suatu PINJAMAN (LOAN), sebagai contoh, sertifikat rumah. Dalam keadaan peminjam gagal untuk membayar hutangnya, pihak yang meminjamkan (LENDER) dapat menyita aset tersebut sesuai dengan besarnya pinjaman. Lihat DEBT, DEBTOR.
COLLECTIVE BARGAINING / NEGOSIASI KOLEKTIF adalah suatu negoisasi mengenai pembayaran (PAY) (upah), kondisi pekerja, dan lain sebagainya oleh perwakilan dari para pekerja (biasanya pejabat serikat buruh) dengan pengusaha. Perjanjian tawar menawar kolektif dinegosiasikan dalam tingkat yang berbeda-beda, antara serikat buruh lokal (cabang) dengan industri tunggal sampai tingkat serikat buruh secara nasional dengan seluruh industri. Negosiasi kolektif untuk tingkat pabrik dan perusahaan belakangan ini semakin mengarah pada PROKDUKTIVITAS (PRODUCTIVITY) sebagaimana gaji dan kondisi keija, serikat buruh dan angkatan kerja meminta untuk melonggarkan BATASAN PRAKTEK-PRAKTEK KERJA (RESTRICTIVE IABOUR PRACTICES) untuk peningkatan upah dan kondisi kerja. Beberapa kelonggaran akan mengakibatkan penggunaan tenaga kerja yang lebih efisien dan fleksibel, dan membantu meningkatkan daya saing perusahaan. Tawar menawar kolektif pada tingkat yang lebih luas dapat mengakibatkan inflasi, apabila serikat buruh memakai argumentasi perbandingan kenaikan upah yang tinggi kepada semua industri secara merata, termasuk kepada industri yang tidak efiesien. Sehingga timbul INFLASI YANG DIDORONG OLEH BIAYA (COST PUSH INFLATION) . Lihat TRADE UNION, INDUSTRIAL RELATIONS, INDUSTRIAL DISPUTE.

PENGERTIAN NEGOSIASI KOLEKTIF | ok-review | 4.5