PENGERTIAN NDANA

By On Wednesday, November 20th, 2013 Categories : Ilmu Alam

NDANA suatu jenis pohon tegak yang tingginya dapat mencapai 20 meter. Kulit kayunya berwarna kelabu kehitaman dengan permukaan yang kasar. Hanya batang yang tua saja yang menyebarkan bau khas. Bau harum ini berasal dari teras kayunya yang berwarna pucat, campuran warna kecokelatan dan putih kekuningan. Daunnya kecil dan tidak rindang. Cendana baru berbunga sesudah berumur 10 tahun, biasanya di musim kering. Bunganya mula-mula berwarna putih kecokelatan, kemudian berubah menjaerah darah. Buahnya bulat dan berwarna hitam jika sudah masak. Biji buah yang rontok akan tumbuh menjadi tumbuhan baru di sekitar pohon induk.
Cendana berasal dari daerah Asia Tenggara, dari sana menyebar ke Australia, Kepulauan Pasifik, dan Hawaii. Di Indonesia, cendana tumbuh alami di daerah kering dan panas yang suhu terendahnya pada malam hari 20°C dan suhu tertinggi di siang hari 34°C dengan kelembapan udara sekitar 65 persen. Pohon ini banyak dijumpai di daerah Jawa Timur bagian timur sampai Nusa Tenggara. Pohon ini tumbuh baik di daerah berketinggian 50—400 meter di atas permukaan laut dan menyukai tanah bekas gunung berapi, tanah liat atau tanah kapur yang longgar.
Meskipun Pulau Timor sudah lama mengekspor kayu cendana, pembudidayaan tanaman ini baru dimulai pada tahun 1901. Cendana diperbanyak melalui biji. Biji ini disemai terlebih dahulu dalam kantong plastik hitam yang telah diisi tanah subur bercampur pasir. Karena bersifat hemiparasit, tanaman ini membutuhkan tanaman inang di sekitarnya. Makanan yang diambil oleh akar tanaman inang akan disedot akar cendana. Hanya unsur karbon saja yang diusahakan sendiri melalui proses fotosintesis. Tanaman inang biasanya diambil dari jenis tanaman semusim, seperti cabai besar dan kacang turi. Bibit cendana siap dipindahkan ke kebun jika tingginya sudah mencapai 30—50 sentimeter atau berumur sekitar 4—6 bulan dalam kantong pembibitan. Bibit ini ditanam di dekat tanaman inang sementara, seperti lamtoro dan turi. Namun 3—5 meter dari lubang bibit ditanam juga tanaman inang permanen, umpamanya pohon mangga, beringin, pinus, cemara gunung, dll.
Pada umur 20—50 tahun cendana dapat ditebang. Pohon cendana siap ditebang bila semua daunnya sudah rontok dan ranting atau kayunya mengering. Pada usia setua itu, kayu cendana sudah menyebarkan bau harumnya yang khas.
Kayu cendana dengan baunya yang harum dimanfaatkan orang untuk bahan kosmetik. Minyak cendana yang mengandung santalol jika dicampur dengan minyak kelapa dapat menjadi obat gosok. Kayunya yang keras juga sangat baik untuk alat-alat perhiasan, seperti patung, kotak cerutu, kipas, alat-alat rumah tangga yang kecil-kecil, dan pipa rokok. Klasifikasi Ilmiah. Cendana, Santalum album, termasuk suku Santalaceae (cendana-cendanaan).

PENGERTIAN NDANA | ok-review | 4.5