PENGERTIAN NATIONAL INCOME ACCOUNTS / PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL

By On Thursday, January 9th, 2014 Categories : Ekonomi

NATIONAL INCOME ACCOUNTS / PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL adalah statistik perekonomian nasional yang memperlihatkan keadaan perekonomian pada suatu periode waktu (biasanya satu tahun), PENDAPATAN NASIONAL (NATIONAL INCOME) adalah nilai netto dari semua barang dan jasa (PRODUK NASIONAL (NATIONAL PRODUCT) ) yang diproduksi setiap tahunnya dalam suatu negara. Pendapatan nasional memberikan suatu ukuran uang yang berguna dari aktivitas ekonomi, dan dengaji menghitung pendapatan nasional untuk setiap kepala penduduk, dapat digunakan sebagai indikator yang berguna untuk standar hidup. Untuk tujuan yang terakhir ini, adalah mungkin untuk membandingkan standar hidup setiap waktu atau membuat perbandingan internasional dari standar hidup. Pendapatan nasional dapat ditentukan dengan tiga cara, yaitu:
(a) output/produk dalam negeri, dari barang-barang dan jasa-jasa yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan dalam suatu negara (pendekatan nilai tambah pada Produk Domestik Bruto). Total output ini tidak mencakup nilai barang-barang dan jasa-jasa yang diimpor. Untuk menghindari penilaian yang terlalu tinggi atas output yang diproduksi dengan penghitungan ganda baik barang jadi dan jasa jadi maupun barang setengah jadi dan jasa yang pada saat tertentu masih harus diolah menjadi output akhir, hanya NILAI TAMBAH (VALUE ADDED) pada setiap tahap proses produksi tersebut yang dimasukkan dalam penghitungan pendapatan nasional. Jumlah dari seluruh nilai tambah dari setiap bagian perekonomian (pertanian, pabrik, dan lainnya sering dikenal sebagai produk DOMESTIK BRUTO (GROSS DOMESTIC PRODUCT) ; dan untuk mendapatkan PRODUK NASIONAL BRUTO ( GROSS NATIONAL PRODUCT), produk domestik bruto masih harus ditambahkan dengan pendapatan bersih yang diperoleh dari luar negeri (didefinisikan sebagai pendapatan bersih dalam bentuk bunga, sewa, laba, dan dividen yang diperoleh oleh penduduk suatu negara dari aktiva yang mereka miliki di luar negeri).
(b) total PENDAPATAN (INCOME) penduduk suatu negara yang diperoleh dari produksi barang dan jasa yang sedang berlangsung (pendekatan pendapatan pada Produk Domestik Bruto). Pendapatan ini disebut sebagai PENDAPATAN FAKTOR (FACTOR INCOMES) sebab mereka ditambahkan pada faktor- faktor produksi, dan PEMBAYARAN TRANSFER (TRANSFER PAYMENT) tidak dimasukkan dalam perhitungan, seperti tunjangan sakit dan tunjangan pengangguran di mana tidak ada barang atau jasa yang diterima sebagai imbalannya. Jumlah dari seluruh faktor pendapatan (upah dan gaji, pendapatan dari orang yang bekeija untuk diri sendiri dan lain sebagainya) harus persis sama dengan produk domestik bruto, apabila tiap £ 1 nilai barang dan jasa yang diproduksi juga memberikan £ 1 pendapatan faktor bagi produsen. Untuk mendapat pendapatan faktor nasional bruto (= produk domestik bruto) dari pendapatan faktor domestik bruto (= produk domestik bruto), harus ditambahkan lagi pendapatan bersih yang diperoleh dari luar negeri.
(c) total pengeluaran domestik oleh penduduk suatu negara pada konsumen dan investasi barang-barang (pendekatan pengeluaran pada Produk Domestik Bruto). Hal ini mencakup pengeluaran pada barang dan jasa jadi (tidak termasuk pengeluaran terhadap barang-barang dan jasa-jasa perantara atau setengah jadi), dan termasuk barang-barang yang tidak terjual dan yang ditambahkan pada persediaan (investasi persediaan). Akan tetapi sebagian pengeluaran domestik akan disalurkan pada barang- barang impor, sementara pengeluaran yang dilakukan oleh yang bukan penduduk pada barang-barang dan jasa-jasa yang diproduksi oleh penduduk domestik akan ditambahkan pada pendapatan faktor dari penduduk domestik ini. Karenanya, untuk mendapatkan total pengeluaran nasional (= produk nasional bruto), total pengeluaran domestik masih harus dikurangkan impor dan kemudian ditambahkan dengan ekspor.
Ketiga pengukuran yang dibicarakan di atas memperlihatkan nilai uang bruto dari barang-barang dan jasa-jasa yang diproduksi, yang disebut sebagai produk nasional bruto. Akan tetapi, dalam proses produksi barang- barang dan jasa-jasa ini, persediaan modal negara vang bersangkutan akan dibatasi oleh “pakai dan sobek”, dan karenanya kita harus memperhitungkan nilai uang bersih dari barang-barang dan jasa-jasa yang diproduksi (memperhitungkan penyusutan dari persediaan modal atau KONSUMSI MODAL ( CAPITAL CONSUMPTION), disebut Sebagai PRODUK NASIONAL NETTO (NET NATIONAL PRODUCT). Produk nasional netto ini disebut sebagai pendapatan nasional.
Dalam praktek, permasalahan-permasalahan yang timbul dalam pengumpulan data menyebabkan adanya perbedaan hasil yang kecil dalam ketiga cara perhitungan pendapatan nasional di atas, sehingga perlu untuk memperkenalkan suatu istilah kesalahan sisa yang timbul dalam penghitungan pendapatan nasional, yang mencerminkan perbedaan- perbedaan tersebut. Sebagai tambahan, untuk melihat perbedaan dalam uang dan NILAI RIIL (REAL VALUE) dari pendapatan nasional, pentinglah memperhitungkan akibat-akibat dari INFLASI (INFLATION) terhadap Produk Nasional Bruto dengan cara menerapkan suatu INDEKS HARGA (PRICE INDEX) atas dasar yang luas yang disebut DEFLATOR PRODUK NASIONAL BRUTO (GNP-DEFLATOR) .

PENGERTIAN NATIONAL INCOME ACCOUNTS / PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL | ok-review | 4.5