PENGERTIAN MUSIK JAZZ

By On Saturday, April 5th, 2014 Categories : Budaya

PENGERTIAN MUSIK JAZZ – Nama salah satu musik populer di Amerika Serikat yang berakar pada musik blues. Asai kata jazz tidak diketahui tetapi batasan jazz menjadi umum di­pakai setelah tahun 1917. Jazz, tidak seperti jenis musik lainnya, berasal dari musik orang kulit hitam Amerika Serikat. Satu ciri dasar musik jazz adalah iramanya, yang diakui kehebatannya oleh banyak orang. Musik jazz dipengaruhi musik Afrika dan mu­sik Indian Amerika. Satu hal yang tidak dapat di­pisahkan dari musik jazz adalah improvisasi. Impro­visasi jazz sangat bergantung pada musikus yang mem­bawakan.
Pada awalnya, jazz digunakan untuk berdansa dan menghidupkan suasana pesta. Tetapi secara berangsur orang mulai mendengarkan jazz sebagai jenis musik yang enak dinikmati. Karena jazz muncul dari orang kulit hitam, tidak mengherankan jika tokohnya ke­banyakan orang kulit hitam. Ada dua musikus kulit hitam yang sangat berpengaruh, yaitu Joseph King Oliver dan Sidney Bechet. Tokoh jazz legendaris ada­lah Louis Amstrong (1900-1971). Amstrong dikenal sebagai master trompet yang menggebrak dunia jazz pada usia muda. Amstrong dikenal sebagai improvisor sepanjang jaman, yang berkarya sejak muda hingga akhir hayatnya. Karyanya yang menonjol dan populer adalah Hello Dolly.
Jazz berkembang juga di Eropa. Jazz Eropa mem­punyai kekuatan irama. Pemakaian biola sebagai alat musik jazz dipelopori para musikus jazz Eropa. Se­lain itu jazz juga berkembang di Australia dan negara- negara Asia, seperti di Jepang, Thailand, Filipina, dan Indonesia.
Jazz Indonesia.
Jazz masuk ke Indonesia pada ja­man penjajahan Belanda. Pada akhir tahun 1950-an jazz mulai dikenal masyarakat Indonesia. Salah sekarang musikus jazz yang terkenal adalah Bill Saragih. Ia lama mengembara di luar negeri, seperti Bangkok dan Australia. Saragih dikenal sebagai pemain klari­net, saksofon, piano dan flut.
Pada tahun 1966, musik jazz mulai memperlihatkan kemajuan. Ada beberapa kelompok musik yang mun­cul, seperti Indonesia All Stars dengan pemainnya para pakar jazz Indonesia, yaitu Bubi Chen (piano), Maryono (saksofon/klarinet), Yopie Chen (bass), Benny Mustafa (drum) dan Jack Lesmana (gitar). Kelompok ini sering mengadakan pementasan di Eropa, yang makin mengangkat musik jazz Indonesia.
Jack Lesmana (1930-1988) termasuk tokoh jazz yang mempunyai andil besar dalam pertumbuhan jazz di Indonesia. Ia selalu mempertahankan bentuk jazz mur ii. Jejak ini diikuti oleh putranya, Indra Lesmana, yang kini mempunyai banyak penggemar. Tokoh jazz jain yang cukup terkenal antara lain Ireng Maulana, Embong Rahardjo, Gilang Ramadhan, Elfa Secioria, pra B. Dharma, Dwiki, dll. Pada tahun 1980-an mun­cul berbagai kelompok musik jazz rock atau fusion jazz, seperti Bhaskara, Emerald, Krakatau, Mahameru, dan jazz latin seperti Indonesia Enam, Elfa’s Big Band.
Indonesia pernah menjadi tuan rumah Jakarta International Jazz Festival 88 atau Jak Jazz 88 pada bulan November 1988. Festival ini dimeriahkan seki­tar 14 negara, termasuk bintang jazz Amerika Seri­kat Lee Ritenour dan vokalis Phil Perry serta gitaris top Jepang Kamuzi Watanabe. Kesempatan seperti ini diharapkan dapat lebih memasyarakatkan musik jazz di Indonesia.

PENGERTIAN MUSIK JAZZ | ok-review | 4.5