PENGERTIAN MODEL PERTUMBUHAN EKONOMI HARROD

By On Sunday, December 15th, 2013 Categories : Ekonomi

HARROD ECONOMIC-GROWTH MODEL / MODEL PERTUMBUHAN EKONOMI HARROD adalah suatu teori yang dikembangkan untuk menganalisis jalannya tingkat pertumbuhan. Lebih khusus, model ini berkaitan dengan suatu tingkat PENDAPATAN NASIONAL (NATIONAL INCOME) (Y) yang harus tumbuh untuk memenuhi kondisi KESEIMBANGAN PENDAPATAN NASIONAL (EQUILIBRIUM NATIONAL INCOME) dari aliran Keynes. Persamaan sebelah kiri adalah persentase perubahan dari pendapatan, persamaan sebelah kanan adalah rasio dari kecenderungan menabung marjinal dengan akselerator. Harrod menamakan tingkat perubahan pendapatan dengan tingkat pertumbuhan yang ‘diperlukan’, karena kondisi tersebut (persamaan 4) dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan dalam setiap periode.
Jika tingkat pertumbuhan yang sebenarnya lebih tinggi atau lebih rendah dari tingkat pertumbuhan yang diperlukan, pendapatan akan naik atau turun lebih besar dari yang dibutuhkan untuk mempertahankan keseimbangan. Ini menyebabkan deviasi kumulatif dari JALUR KESEIMBANGAN (EQUILIBRIUM PATH).
Persamaan (4) menentukan tingkat pertumbuhan yang diperlukan. Tingkat pertumbuhan yang sebenarnya ditentukan dalam model adalah pertumbuhan dari ANGKATAN KERJA (LABOUR FORCE) dan tingkat pertumbuhan dari PRODUKTIVITAS (PRODUCTIVITY) tenaga kerja. Misalkan angkatan kerja meningkat sebesar 1% per tahun dan produktivitas tenaga kerja meningkat sebesar 2% per tahun, maka menurut Harrod tingkat pertumbuhan yang sebenarnya dari pendapatan nasional dan output adalah 3% per tahun. Apabila tingkat pertumbuhan yang terjadi melewati tingkat pertumbuhan vang dipei Jukan, perekonomian akan mengalami deviasi kumulatif dari tingkat yang diperlukan, pendapatan meningkat dengan tingkat yang berlebihan dan mengakibatkan perluasan yang sekuler. Sebaliknya, jika tingkat pertumbuhan yang sebenarnya di bawah tingkat pertumbuhan yang diperlukan, akan terjadi STAGNASI SEKULER (SECULAR STAGNATION) . Lihat DOMAR ECONOMIC GROWTH MODEL, SOLOW ECONOMIC GROWTH MODEL.

PENGERTIAN MODEL PERTUMBUHAN EKONOMI HARROD | ok-review | 4.5