PENGERTIAN MINYAK IKAN

By On Tuesday, March 25th, 2014 Categories : Kesehatan

PENGERTIAN MINYAK IKAN. Menurut pengertian awam dapat berarti minyak ikan paus, minyak sperm, minyak hati ikan dan minyak ikan dalam arti yang sesungguhnya. Secara teknis kelompok lemak dan minyak ini disebut minyak marine. Secara kimia, lemak adalah minyak yang memadat pada suhu kamar atau lebih rendah.
Lemak dan minyak ini dapat dibagi menjadi dua ke­lompok besar: pertama, lemak sejati, yaitu ester an­tara gliserol dan asam lemak yang berantai panjang; dan kedua, malam (lilin lebah), yaitu ester antara al­kohol berantai panjang dan asam lemak yang juga berantai panjang. Jenis kedua ini umumnya tidak da­pat dimakan. Lemak dan minyak ini berbeda sekali dengan minyak dan lilin yang diperoleh dari minyak bumi, yang pada umumnya adalah hidrokarbon de­ngan banyak atom karbon. Kebutuhan akan minyak dan lemak, baik sebagai bahan makanan, bahan in­dustri maupun obat dipenuhi oleh minyak hewani (babi, sapi dan susu), minyak nabati dan minyak marine tersebut di atas.
 
 
PENGERTIAN Minyak Ikan Paus
Adalah lemak sejati ikan paus jenis tertentu (biru, fin, sei, dan bungkuk). Minyak ini digunakan sebagai bahan sabun, bahan pembuat margarin dan lemak pengganti minyak babi. Sebelum pertengahan abad ke-19 minyak ini juga digunakan sebagai minyak penerangan, pelumas, bahan peng­olahan kulit, pembuatan tali tambang dan pengolahan baja. Banyak kegunaan ini yang kemudian digeser oleh minyak bumi. Minyak ikan paus diperoleh dari da­ging, tulang dan bagian lain ikan paus dengan peng- godogan biasa atau pengukusan dengan tekanan ting­gi. Pemusingan akan memisahkan serat-serat dan air. Minyak ikan paus yang telah dimurnikan ini dapat di- hidrogenasi menjadi zat padat, yang kehilangan bau dan rasa aslinya. Sebelum dimurnikan minyak ikan paus berwarna kuning.
Komponen utama minyak sperm yang diperoleh dari ikan paus sperm adalah ester antara alkohol berantai panjang (alkohol lilin) dan asam lemak, jadi sejenis malam. Dalam keadaan mumi minyak ini merupakan bahan obat dan kosmetik dengan nama spermaseti. Spermaseti tidak cocok untuk dimakan. Sebelum minyak bumi ditambang, minyak sperm dan minyak ikan paus memenuhi hampir seluruh kebutuh­an akan minyak dan lemak industri di negeri Barat. Dengan makin ketatnya larangan berburu ikan paus, orang mencari pengganti sumber spermaseti ini. Sa­lah satu alternatif adalah minyak jojoba, yang diper­oleh dari biji tanaman jojoba, suatu tumbuhan di daerah gurun di Arizona.
Seekor ikan paus besar (paus biru) menghasilkan rata-rata 19 ribu liter minyak. Ikan paus sperm rata-rata menghasilkan 8 ribu liter minyak sperm.
 
 
PENGERTIAN Minyak Hati Ikan
Adalah minyak kuning pucat yang diperoleh dari hati segar ikan sejenis tenggiri {cod) dan hiu. Hati ini digodog pada tekanan biasa atau diku­kus. Minyak ini kaya akan vitamin A dan D. Petani Belanda telah menggunakan minyak ini sebagai obat sejak berabad-abad yang lalu, namun baru dalam ta­hun 1920 diakui oleh dunia kedokteran sebagai sum­ber vitamin A dan D. Di samping itu minyak ini digunakan sebagai obat oles untuk luka biasa dan luka bakar. Dulu minyak ini dipercaya dapat mempercepat kesembuhan penyakit tuberkulosis.
Minyak ini disajikan dalam kapsul atau sebagai emulsi dengan diberi minyak asiri dan gula sebagai bahan citarasa. Kadang-kadang minyak ini disajikan begitu saja; tetapi ini kurang disukai karena amis bau­nya. Minyak ini juga merupakan sumber vitamin A dan D bagi ayam pada peternakan.
 
PENGERTIAN Minyak Ikan
Diperoleh dari berbagai ikan laut se­perti sardin pasifik, tongkol (tuna), hering, dan macke­rel. Minyak ini digunakan sebagai bahan cat dan se­bagai lemak pelumas. Untuk pelumas, minyak ikan dihidrogenasi dulu lalu dijadikan sabun dengan kal­sium atau aluminium sebagai kationnya. Minyak ikan juga digunakan dalam emulsi insektisida, dalam pe­nyamakan kulit dan dalam pengecoran besi.

PENGERTIAN MINYAK IKAN | ok-review | 4.5