PENGERTIAN MESIN KALENDER

By On Monday, April 7th, 2014 Categories : Teknologi

PENGERTIAN MESIN KALENDER – Digunakan untuk mengha­luskan kain hasil tenunan dalam industri tekstil. Me­sin ini juga dipakai untuk menghaluskan permukaan kertas pada proses akhir pembuatan kertas.
Mesin kalender terdiri atas empat atau lima tabung silinder besar yang disusun berjajar ke atas, satu di atas yang lainnya. Silinder-silinder itu dapat meng­gelinding bersama-sama. Melalui ujung poros tiap- tiap silinder dimasukkan uap panas, dimulai dari silinder paling atas berturut-turut hingga yang paling bawah. Aliran uap panas ini disusun secara seri. Ta­bung-tabung panas kemudian diputar dengan mesin listrik dan ditekan dengan sebuah pemberat. Kain ha­sil tenunan atau kertas dililitkan pada silinder, mulai dari yang paling bawah dan berakhir pada silinder te­ratas. Bila mesin kalender dijalankan, gulungan kain atau kertas di dalamnya ikut berjalan, sementara itu proses penekanan dan pemanasan^juga berlangsung, sehingga kain menjadi rata dan halus seperti disetrika. Bahan yang keluar dari mesin kalender langsung ma­suk ke dalam mesin pelipat atau penggulung, sehing­ga bahan yang telah menjadi halus itu langsung dilipat menjadi tumpukan yang rapi, siap dibungkus, dan dipasarkan.
Uap panas yang dimasukkan ke dalam tabung silin­der, karena proses penghalusan yang dilakukan, akan berubah dingin dan menjadi cair kembali. Untuk men­cegah kerusakan pada mesin dan bahan, air yang ber­campur uap panas di dalam silinder harus dike­luarkan.

PENGERTIAN MESIN KALENDER | ok-review | 4.5