PENGERTIAN MESIN JAHIT

By On Tuesday, April 1st, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN MESIN JAHIT – Alat untuk menjahit bahan tenun­an, tekstil, atau bahan lembaran lain. Mesin jahit pertama kali ditemukan oleh pembuat lemari berkebangsaan Inggris, Thomas Saint, pada tahun 1790. Ke­mudian Barthelemy Thimmonier membuat mesin ja­hit yar dipatenkan di Perancis pada tahun 1830. Me­sin jah : Thimmonier terutama dipakai untuk menja­hit pakaian seragam Angkatan Darat Perancis. Pada tahun 1833 seorang Amerika Serikat, Walter Hunt, menciptakan mesin jahit yang mata jarumnya diletak­kan di ujung sebuah lengan. Meskipun penemuan ini tidak pernah dipatenkan, penggunaan mata jarum ini merupakan temuan yang sangat berguna.
Mesin jahit dapat diklasifikasikan dalam mesin de­ngan jahitan rantai dan mesin dengan jahitan kunci. Mesin jahit dengan jahitan rantai menjahit bahan atau kain h; nya dengan sehelai benang, sebuah jarum, dan sebuah pengait. Pengait menarik benang berikutnya hingga membentuk rantai. Mesin jahit jenis ini diguna­kan untuk menjahit karung, tas, atau barang lainnya yang membutuhkan jahitan yang mudah dibuka kem­bali. Mesin dengan jahitan kunci dapat menjahit dua atau lebih kain dengan dua helai benang yang akan mengikat bahan. Umumnya mesin jahit jenis ini di­gunakan untuk menjahit barang-barang kulit dan busana.
Mesin jahit yang biasa digunakan di rumah tangga mampu membuat lebih dari 1.500 jahitan per menit, sedangkan yang digunakan di industri sepatu, kulit, sarung tangan, dan lainnya, mampu membuat lebih dari 5.000 jahitan per menit. Umumnya mesin jahit nimah tangga adalah mesin jahit kunci lurus atau zig- Pada jenis jahit kunci lurus, jarum bergerak ke atas dan ke bawah dan jahitannya membentuk garis lurus. Pada mesin jahit kunci zig-zag, selain bergerak ke atas dan ke bawah, jarum juga bergerak ke kiri dan ke kanan. Dengan demikian mesin jahit ini dapat men­jahit menurut garis lurus, pola zig-zag, atau lengkungan.
Mesin jahit lurus dengan jahitan kunci, dilengkapi kumparan yang dapat bergerak ke muka sepanjang lintasan, membawa benang melewati mata jarum di bagian bawah bahan yang dijahit. Kemudian bahan yang dijahit bergerak ke muka, ditusuk mata jarum yang mengikat kedua benang di tengah-tengah bahan. Mesin jahit yang cukup sederhana ini tidak mudah ru­sak dan tidak mahal. Tetapi mesin ini memiliki ke­terbatasan karena hanya menjahit menurut garis lu­rus. Kadang-kadang mesin ini juga dilengkapi dengan alat pelubang kancing.
Mesin jahit zig-zag mengatur gerakan zig-zag se­cara otomatis sehingga dapat membentuk bermacam-macam pola jahitan. Beberapa mesin zig-zag memiliki bubungan untuk mengatur sistem menjahit, dan ini meningkatkan keterampilan jahit-menjahit. Mesin ja­hit zig-zag juga dilengkapi dengan tuas pada keduduk­an tangan kanan atau tombol sehingga dapat mem­buat lubang kancing, pelipit, dan variasi lainnya.

PENGERTIAN MESIN JAHIT | ok-review | 4.5