PENGERTIAN MESIN DIESEL

By On Friday, February 21st, 2014 Categories : Teknologi

Sebuah mesin-pembakaran-dalam hasil penemuan Rudolf Diesel. Berbeda dengan mesin lainnya, di dalam mesin diesel bahan bakar disemprotkan (diinjeksikan) langsung ke dalam ruang pembakaran, dan pembakaran terjadi dengan sendirinya karena proses pemampatan (kompresi) yang menaikkan suhu. Mesin diesel umumnya memakai bahan bakar solar.
Pada mesin pembakaran dalam lainnya, seperti mesin bensin, bahan bakar dan udara dicampur terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam ruang pembakaran; pembakaran dilakukan oleh percikan bunga api busi.
Setiap mesin diesel menjalani sebuah siklus yang terdiri atas pemampatan udara di dalam ruang pembakaran, injeksi bahan bakar, pembakaran, pemuaian gas-gas panas (langkah tenaga), dan pembuangan. Siklus ini kemudian dimulai lagi dengan pengisian baru. Untuk memasukkan bahan bakar, digunakan pompa tekanan tinggi. Saat penginjeksian harus tepat, demikian juga jumlah bahan cakarnya. Hal inilah yang menyebabkan komponen-komponen injektor menjadi mahal.
Mesin diesel memiliki beberapa keterbatasan. Knalpot akan berasap bila digunakan lebih dari 60—70 persen udara di dalam silinder selama proses pembakaran. Asap hitam ini sangat mengganggu lingkungan.
Selain itu, untuk menghasilkan tenaga yang sama dengan mesin bensin padanannya, mesin diesel harus lebih besar dan lebih berat. Karena itu, mesin diesel umumnya juga lebih mahal.
Meskipun secara relatif mahal, mesin diesel memiliki efisiensi yang tinggi, tahan lama, tidak merongrong, dan bahan bakarnya pun murah. Karena itu, dalam jangka panjang biaya akan lebih murah. Itulah sebabnya mengapa mesin diesel banyak dipakai untuk menggerakkan traktor, generator, kapal motor, lokomotif, bus, truk, dan belakangan ini mobil sedan.
Mesin diesel dapat berupa mesin dua langkah maupun empat langkah. Kedua-duanya sama-sama suksesnya di pasaran.
Jenis-jenis Mesin Diesel. Mesin diesel modern tersedia dalam berbagai ukuran jumlah silinder dan tenaga. Diperkirakan ada hampir 400 macam, dari model satu silinder yang menghasilkan 7 daya kuda pada putaran 2.400 putaran per menit hingga model 12 silinder dengan diameter 76 sentimeter, dan berat beberapa puluh ton, yang menghasilkan tenaga 10.000 daya kuda pada 200 putaran per menit. Mesin-mesin diesel yang paling besar digunakan untuk pembangkit tenaga listrik dan penggerak baling-baling kapal.

PENGERTIAN MESIN DIESEL | ok-review | 4.5