PENGERTIAN MATRIKS BOSTON

By On Friday, November 29th, 2013 Categories : Ekonomi

BOSTON MATRIX / MATRIKS BOSTON adalah suatu matriks (dikembangkan oleh Boston Consulting Group) untuk menganalisis kebijakan pengembangan produk dalam suatu perusahaan dan pelaksanaan aliran keuangan dari pengembangan produk tersebut. Menunjukkan matriks yang digunakan untuk mengidentifikasi produk penghasil uang dan produk pemakai uang. Salah satu sisi matriks merupakan ukuran tingkat pertumbuhan produk karena semakin besar tingkat pertumbuhan suatu produk semakin besar investasi modal yang dibutuhkan dan uang yang dipakai. Sisi lain dalam matriks mengukur pangsa pasar, karena semakin besar pangsa pasar maka semakin besar keuntungan yang diterima dan uang yang dihasilkan. Matriks pertumbuhan pangsa pasar meliputi empat jenis produk yang ekstrim:
(a) produk bintang (andalan) – produk yang mempunyai pertumbuhan yang tinggi (cenderung menggunakan uang); dan pangsa pasar yang besar (sehingga cenderung menghasilkan uang). Produk bintang biasanya adalah produk baru yang berada pada tahap pertumbuhan di dalam SIKLUS USIA PRODUK (PRODUCT LIFE CYCLE) .
(b) produk bermasalah kecil (problem child product) – produk yang mempunyai tingkat pertumbuhan yang tinggi (cenderung menggunakan uang); dan pangsa pasar yang kecil (menghasilkan sedikit uang). Masalah dari produk ini adalah pengikisan uang tetapi mempunyai potensi apabila pangsa pasar dapat ditingkatkan.
(c) produk mapan (cash cow)-product yang membutuhkan pemakaian uang yang lama – produk yang mempunyai tingkat pertumbuhan lambat; dan pangsa pasar yang tinggi (sehingga cenderung menghasilkan uang yang banyak). Jenis produk ini adalah produk yang sudah mapan dan berada pada tahap akhir dalam siklus usia produksi.
(d) produk yang lamban (dog product) – produk yang mempunyai tingkat pertumbuhan yang rendah dan pangsa pasar yang rendah dalam menghasilkan uang. Produk ini biasanya mempunyai potensi yang kecil untuk dikembangkan lebih lanjut.
Boston matriks sangat penting bagi setiap perusahaan dalam menjaga keseimbangan portofolio untuk jenis produk yang sudah mapan, seperti /’jenis produk ‘cash cow’, produk andalan dan lain sebagainya; dan menggunakan uang yang dihasilkan oleh jenis produk cash cow untuk membantu pengembangan jenis produk yang bermasalah kecil apabila kebijakan pengembangan produknya dapat menjamin kelangsungan hidup perusa¬¨haan dalam jangka panjang. Lihat PRODUCT PERFORMANCE, DIVERSIFICATION, PRODUCT-MARKET MATRIX.

PENGERTIAN MATRIKS BOSTON | ok-review | 4.5