PENGERTIAN MAKSIMALISASI LABA DAN MARGIN LABA

By On Tuesday, January 21st, 2014 Categories : Ekonomi

PROFIT MARGIN / MARGIN LABA adalah perbedaan antara HARGA PENJUALAN (SELLING PRICE) dari suatu produk dengan BIAYA PRODUKSI (PRODUCTLON COST) dan BIAYA PENJUALANNYA (SELIJNG COST) . Besarnya batas laba tersebut akan tergantung pada persentase laba yang ditambahkan oleh suatu perusahaan pada biaya- biaya dalam menetapkan harga penjualannya, yang mungkin dapat bervariasi sesuai dengan tanggapan terhadap perubahan-perubahan dalam kondisi permintaan dan persaingan.
Lihat FULL-COST PRICING.
PROFIT MAXIMIZATION / MAKSIMALISASI LABA adalah tujuan dari perusahaan dalam TEORI PERUSAHAAN (THEORY OF THE FIRM) dan TEORI PASAR (THEORY OF MARKETS) tradisional. Perusahaan berusaha untuk mengembangkan kombinasi harga dan output yang menghasilkan jumlah laba yang maksimum. Pencapaian maksimalisasi laba dapat dijelaskan dalam dua cara, yaitu:
(a) Pertama, ketika pendapatan (TR) melebihi total biaya (TC) dengan jumlah yang paling besar. Dalam Gambar 148, hal ini terjadi pada tingkat output di mana kemiringan dari kedua kurva tersebut adalah sama, dan garis singgung pada masing-masing kurva dengan demikian adalah seperti pada Qe. Pada setiap tingkat output di bawah Qe akan mempunyai garis singgung yang semakin beijauhan-kurva TR dan TC masih akan bergerak saling berjauhan dan laba masih akan meningkat. Pada setiap tingkat output di atas Qe, sebaliknya akan mempunyai garis singgung yang akan berpotongan dan surplus laba dari TR di atas TC akan semakin menurun. Oleh karena itu, Qe adalah titik optimum di mana selisih antara kurva total pendapatan dan kurva biaya dimaksimalisasi (sama dengan AB) Perbedaan di antara dua kurva terlihat pada kurva total laba, yang menjadi positif OQ1, dan mencapai maksimum pada tingkat output OQe (di mana laba CD = AB), dan menjadi negatif pada tingkat output di atas OQ2.
(b) Kedua, maksimalisasi laba dapat terjadi apabila PENDAPATAN MARGINAL. (MARGINAL RE\ENUE) (MR) sama dengan BIAYA MARGINAL (MARGINAL COST) (MC) pada tingkat output OQe dalam gambar. Pada setiap tingkat output di atas OQe, setiap unit tambahan menambahkan lebih besar biaya daripada pendapatan sehingga total laba berkurang. Pada tingkat output yang lebih kecil dari OQe, setiap unit tambahan menambahkan lebih besar f pendapatan daripada biaya, sehingga total laba bertambah. Hanya apabila T MR = MC, maka laba adalah maksimum.
Lihat FIRM OBJECTIVES.

PENGERTIAN MAKSIMALISASI LABA DAN MARGIN LABA | ok-review | 4.5